36 Desa Terima Dana Rp83,978 Milyar

Bintan-( harianmetropolitan.co.id ). Tiga puluh enam desa, di Kabupaten Bintan akan menerima bantuan uang sebesar Rp 83,978 miliar. Bantuan itu bersumber dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebagai bentuk kepedulian dalam membangun perekonomian di desa. Hal ini di sampaikan Bupati Kabupaten Bintan, Apri Sujadi, di kantornya-Bandar Seri Bentan, Sabtu 7April 2018.

Ia menjelaskan, untuk Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat, tahun 2018 Kabupaten Bintan menerima alokasi Rp30,903 miliar, sedangkan Anggaran Dana Desa (ADD), pemerintah daerah menggelontorkan anggaran  Rp50,075 miliar. “Masing-masing desa menerima dana sekitar 2,3 miliar rupiah,” tambahnya.

Ia berharap, anggaran tersebut harus dikelola  BUMdes. Sebab, BUMdes memiliki peran penting sebagai pendongkrak roda perekonomian desa. “Kita menargetkan seluruh Desa harus memiliki BUMDes.”

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan, Ronny Kartika juga optimis, dana tersebut mampu mendongkrak perekonomian di desa.

Tercatat, ada 32 Desa yang telah memiliki BUMDes, sementara 4 desa lagi belum. Roony ingin, agar ke 36 desa, bisa memiliki BUMDes dengan manajemen profesional, sehingga tercipta perputaran ekonomi di desa. Otomatis, BUMDes bisa menyumbangkan Pendapatan Asli Desa( PADes). “Jika desa sudah memiliki PADes, maka Kepala Desa bisa membuat program tersendiri, sehingga kelak target desa mandiri bisa tercapai,” katanya. >>Doni

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan