Perdana, SDN 012 Ranai Gelar Pelepasan Siswa-Siswi

harianmetropolitan.co.id, Natuna- Bertempat di RM. Sisi Basisi, SDN 012 Ranai menggelar acara pelepasan siswa-siswi kelas IV, Angkatan Pertama Tahun Ajaran 2018/2019, Sabtu Pagi 04 Mei 2019. Pelepasan siswa-siswi ini dihiasi dengan berbagai ragam seni, seperti seni tari, seni suara dan puisi

Hadir pada acara tersebut, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Natuna Tabranizal, Lurah Ranai, Babinsa, Kepala Sekolah tiap jenjang pendidikan, orang tua dan siswa-siswi SDN 012 Ranai.

Mewakili wali murid kelas VI, Alim Sanjaya mengucapkan banyak terima kasih kepada kepala sekolah dan majelis guru atas semua bimbingan dan ilmu yang telah diberikan kepada anak-anak dari tidak biasa apa-apa menjadi siswa yang mempunyai berbagai pengetahuan.

“Terima kasih kepada kepala sekolah dan mejelis guru SDN 012 Ranai, anak-anak kami sekarang telah bertambah pengetahuannya, dan mereka siap untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi,” ucap Alim Sanjaya.

Tak lupa, Alim Sanjaya memohon maaf atas segala kesalahan anak-anak selama di SDN 012, baik secara sengaja maupun tidak sengaja, dan acara ini bisa terlaksana karena iuran orang tua murid.

Sementara itu Kepala sekolah SDN 012, Umar, memaparkan secara singkat sejarah berdirinya SDN 012 Ranai. Berdasarkan SK Bupati, SDN 012 merupakan pecahan dari SDN 02 Ranai. Selang dua tahun berjalan, hari ini sebanyak 59 siswa/siswi dilepas kepada orang tuanya.

“Setelah pecah dari SDN 02 Ranai, selang dua tahun berjalan, jumlah siswa keseluruhan lebih kurang 275 orang. Siswa kelas VI yang dilepas sekarang setelah menempuh pendidikannya 4 tahun di SD 02 dan 2 tahun di SD 012. Hari ini, perdana, secara resmi saya serahkan siswa-siswi ini kepada orang tuanya untuk dilanjutkan lagi pendidikannya,” kata Umar.

Baca Juga :   Cegah Covid-19, Pemprov Jambi Sediakan Toko Tani Indonesia Center

“Apabila ada guru yang salah, atas nama majelis guru, saya minta maaf kepada anak-anak. Mau kan memaafkannya?,” ucap Umar yang langsung dijawab mau, oleh para siswa.

Umar menjelaskan, tugas guru sekolah dasar adalah meletakkan pengetahuan dasar dan mempersiapkan siswa kepada jenjang ilmu yang lebih tinggi lagi. Untuk itu, Umar mengucapkan banyak terima kasih kepada orang tua dari 59 siswa yang di lepas ini, atas kritik dan saran sehingga kedepan SDN 012 Ranai bisa menjadi sekolah idaman.

“Kepada siswa-siswi yang kami lepas, raihlah cita-cita mu. Ingat lah selalu kepada bapak dan ibu gurumu agar ilmu yang kamu dapatkan bermanfaat kelak,” kata umar mengakhiri kata sambutannya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua komite SDN 012 Ranai, Eka, menyampaikan kepada siswa kelas IV yang dilepas agar terus melanjutkan pendidikannya sampai ke jenjang yang lebih tinggi.

“Jangan sampai tidak sekolah dan selesai sampai disini saja. Motivasi belajar harus ditingkatkan. Kami atas nama komite mengucapkan banyak terimaksih kepada semua pihak sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik,” kata Eka.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Natuna Tabranizal mengatakan kolabolarasi dua sekolah ini yakni SDN 02 dan SDN 012, menghasilkan kerjasama yang baik dan berhasil.

“Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Natuna serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kolaborasi ini. Selain itu, luar biasa acara pelepasan ini, banyak pegelaran seninya dan sangat menarik serta dipenuhi aura semangat,” kata Tabranizal.

Kepada orang tua, Tabranizal menghimbau agar orang tua tetap memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Jangan sampai berhenti di tingkat SD, lanjutkan pendidikan anak-anak terus sampai ke jenjang perguruan tinggi.

Baca Juga :   Pemprov Kepri Optimis Tuntaskan Pembangunan BTS di Daerah 3T Hingga Akhir Tahun 2022

“Kami himbau para orang tua yang hadir disini agar memberikan kesempatan seluas-luasnya pada anak-anaknya untuk melanjutkan sekolah dengan tetap memberikan pengawasan kepada anak-anaknya dan memberikan pendidikan karakter di rumah,” imbuh Tabranizal.

Acara pelepasan ini diliputi rasa haru, dan dilanjutkan dengan makan dan foto bersama.

Laporan: SL

Telah dibaca 794 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan