Sekda Pemprov Jambi Bakal Ekspor 80 Ton Kopi Ke Belgia

harianmetropolitan.co.id, Jambi- Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Dianto, mengatakan 80 ton Kopi Kerinci dan Kopi Jangkat (Kabupaten Merangin) akan diekspor ke Belgia.

Hal itu disampaikannya dalam sesi wawancara usai menyambut tamu Kedutaan Besar Belgia, Mr. Guillaume, dan beberapa orang dari kementerian, di VIP Room Bandara Sultan Thaha Syaifudin Jambi, Jumat 11 September 2019.

Sekda menyatakan, LSM Rikolto selama  3 tahun telah membina  petani kopi, terutama di Kayu Aro Kabupaten Kerinci  dan di Jangkat Kabupaten Merangin.

“Setelah 3 tahun membina, alhamdulillah, petani di Kerinci memproduksi Kopi Arabika dan petani  di Jangkat  memproduksi Kopi Robusta, kualitasnya bagus. Oleh karena itulah, kopi di Kerinci ini akhirnya dipromosikan oleh LSM Rikolto,” ucapnya.

Sekda mengajak Pemerintah Kabupaten melalui OPD terkait membina petani untuk menjaga kualitas kopi, misalnya ketika panen warna kopi harus berbuah merah.

Dianto menambahkan, kopi yang akan diekspor ke Belgia itu dalam bentuk green bean, yang sebelumnya sudah dicoba hasil produksinya.

Laporan: Novalino

Telah dibaca 551 kali

Bagikan
Baca Juga :   Ketua DPRD Natuna, Himbau Masyarakat Beraktifitas Seperti Biasa

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan