Kepala BPJamsostek Natuna, Minta Perusahan Taat Aturan BPJamsostek

harianmetropolitan.co.id, Natuna– Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek), bersama Kejaksaan Negeri Ranai menggelar rapat pemeriksaan dan kepatuhan terhadap 8 perusahaan menunggak, 10 perusahaan tidak terdaftar dalam BPJamsostek Natuna.

Kegiatan itu dilaksanakan di Hotel Trend Central, dan dihadiri Kepala BPJamsostek Natuna, Sunardi, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Ranai, M. Bimo P Nugroho, dan pimpinan perusahaan dan pengusaha swasta.

Kepala BPJamsostek Kabupaten Natuna, Sunardi saat dikonfirmasi wartawan mengaku, kegiatan ini bertujuan untuk memanggil para peserta yang belum tertib dan patuh terhadap program BPJamsostek.

Sebelumnya, ada 30 perusahaan tidak tertib dalam melaksanakan kewajiban membayar maupun masuk dalam program BPJamsostek, namun berkat kerjasama dengan Kejaksaan Negeri Ranai, 12 peserta sudah melaksanakan kewajibannya. “Saat itu pihak Kejaksaan menyurati para pemimpin perusahaan,” ucapnya.

Meski demikian, masih ada 18 perusahaan lagi tidak tertib dan patuh terhadap program BPJamsostek. “Sekarang kita ajak mereka rapat untuk mengetahui apa kendala dan kita beri solusi buat para pelaku usaha agar tertib dan patuh terhadap program BPJamsostek,” ucap pimpinan BPJamsostek Natuna itu.

Sunardi juga bercerita, selama ini dirinya beserta anggota sudah rutin mensosialisasikan program BPJamsostek, tujuannya agar pelaku usaha tertib dan patuh. “Kalau perusahaan memiliki masalah keuangan, iuran BPJamsostek dapat dicicil, agar tidak terlalu memberatkan. Intinya harus ada niat baik,” tegasnya.

Jika ke-18 perusahaan ini tidak juga patuh, nanti BPJamsostek Natuna akan melaporkan hal ini ke pihak Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Kepri dan pihak Kejaksaan Negeri Ranai. “Konsekuensi akhir berupa sanksi pidana,” ucapnya.

Oleh sebab itu, Ia berharap, pihak perusahaan  dapat tertib dan patuh terhadap program BPJamsostek. Hal ini semata-mata untuk melindungi hak-hak karyawan. “Jangan sampai karyawan tidak mendapat perlindungan ketenagakerjaan,” ucapnya.(*Rian)

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan