Lakukan Audiensi Dengan Isdianto, Ilham Kauli Sampaikan Permasalahan Disdukcapil

harianmetropolitan.co.id, Kepri– Ketua Forum Komunikasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) se-Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Ilham Kauli dan tim melakukan audiensi dengan Plt. Gubernur Kepri H Isdianto, di ruang kerjanya, Selasa 19 November 2019.

Audiensi ini merupakan tindak lanjut dari surat yang sudah dilayangkan kepada Isdianto dalam menyikapi perspektif permasalahan yang ada di Disdukcapil kabupaten /kota se-Provinsi Kepri.

“Alhamdulillah, tadi Gubernur bersedia menjumpai dan menerima kita dengan baik. Saya apresiasi atas waktu yang diberikan oleh Gubernur kepada kita,” kata Ilham Kauli yang juga merupakan Kepala Disdukcapil Kabupaten Natuna melalui telepon seluler.

Ilham Kauli menjelaskan, dalam audiensi ini disampaikan beberapa hal terkait kelembagaan, sarana prasarana, anggaran, SDM, evaluasi pelayanan publik di Disdukcapil se-Provinsi Kepri dan kesiapan daerah dalam Pilkada serentak 2020.

“Secara kelembagaan, di Provinsi Kepri sudah perlu dipisahkan. Kependudukan dan Catatan Sipil masih bergabung dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, sementara sudah ada PP No 40 Tahun 2019. Jadi harus berdiri sendiri dengan nama kelembagaan Disdukcapil Provinsi Kepri,” katanya.

Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh Disdukcapil di berbagai Kabupaten/Kota juga disampaikan olehnya terkait kurangnya sarana prasana dan anggaran. Selain itu, masalah keterbatasan blanko KTP-el dan SDM yang masih terbatas, sementara daerah selalu di evaluasi pelayanan publiknya dan masih perlu peningkatan dalam kualitas pelayanan publik yang membahagiakan masyarakat.

“Sebagai Ketua Forum Komunikasi Disdukcapil se-Kepri, sudah menjadi kewajiban saya dalam menyikapi permasalahan yang ada di kabupaten/kota. Permasalahan pelayanan Disdukcapil masih ada di berbagai kabupaten/kota. Apalagi sebentar lagi akan dilaksanakan Pilkada serentak 2020 dan sensus penduduk, bagaimana kesiapan daerah dalam menghadapinya,” imbuhnya. (*Ronald Manalu)

Telah dibaca 622 kali

Bagikan
Baca Juga :   Dirjen Dukcapil Kemendagri, Apersiasi Kinerja Dinas PMD Dukcapil Kepri

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan