Fachrori : Pergantian Pejabat, Harus Tingkatkan Kinerja OPD

harianmetropolitan.co.id, Jambi- Gubernur Jambi, Fachrori Umar, melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) dan Administrator (Eselon III) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, di ruang VIP Room Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin sore, 25 November 2019.

Fachrori melantik tiga orang pejabat struktural, satu orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) dan dua Administrator (Eselon III).

Fachrori menyatakan, pejabat harus menjadi bagian dari penyelesaian masalah dan harus bisa mengakselerasi (mempercepat) pelaksanaan kerja organisasi.

“Mutasi dan penggantian beberapa pejabat struktural ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja birokrasi Pemerintah Provinsi Jambi, supaya pelaksanaan program di tiap OPD maksimal,” ujar Fachrori.

Selaku Gubernur, Fachrori mengaku telah terlebih dahulu menerima berbagai masukan dari berbagai elemen, dilanjutkan dengan assessment (penilaian) dari KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara), termasuk didalamnya wawancara, serta kajian terhadap kinerja kepala OPD. “Selain itu, saya juga telah melakukan evaluasi sejak saya menjadi Plt.Gubernur Jambi 10 April 2018 lalu,” jelas Fachrori.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah,  menambahkan, ada tiga orang Eselon II yang menjadi staf, yaitu Kepala BKD, H.Husairi, Kepala Dinas Pendidikan, Agus Herianto, dan Kepala Biro Kesramas Setda Provinsi Jambi, Drs.H.Amsyarnedi. Ketiganya ditempatkan di BPSDM sebagai staf. Edi Kusmiran (jabatan sebelumnya Kastpol PP) dimutasikan ke Eselon III

Dra.Hj.Emi Nopisah,MM (Sekretaris Dewan), lanjut Johansyah, tetap sebagai Setwan, namun berdasarkan PP No. 11 Tahun 2011, jabatan Eselon II hanya empat tahun, jika lebih maka harus dilakukan assessment dan dilantik ulang.

Johansyah mengatakan, untuk mengisi kekosongan jabatan definitif kepala OPD, ditunjuk  Plt (Pelaksana tugas), yakni Plt Kepala BKD Pahri, Plt Kepala Biro Kesramas Taufik Kabag Agama, Plt. Kepala Dinas Perindang Sri Argunaini (Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Ekonomi dan Pembangunan), Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata adalah sekretaris dinas tersebut, Plt.Kepala Dinas Pendidikan Adi Varial (Kepala Dinas Perhubungan), dan Plt. Kepala Biro Umum Ahmad Bastari (Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Kemasyarakatan dan SDM).

Baca Juga :   Kapolsek Bunguran Timur, Pererat Silaturahmi Dengan Warga Ranai Darat

“Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi, Evy Primawaty, sudah mengajukan pengunduran diri atas permintaan sendiri karena sudah menjadi dosen tetap di Universitas Indonesia, sekarang masih diproses, dia masih tetap sebagai kepala dinas, masih menunggu SK resmi dari BKN,” terang Johansyah. (*Novalino)

Telah dibaca 423 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan