Pemkab Natuna Fokus Pada Penguatan Inovasi Daerah

harianmetropolitan.co.id, Natuna– Konsep pembangunan yang paling ideal diterapkan dalam mewujudkan pemerataan diseluruh wilayah pemerintahan adalah melalui fokus bersama dalam upaya percepatan pembangunan yang dimulai dari wilayah pinggiran. Dengan kata lain, perhatian bersama harus tercurah pada optimalisasi mutu pembangunan di wilayah Desa melalui berbagai program baik bidang fisik, maupun non fisik yang seluruh program tersebut ditujukan pada peningkatan mutu fasilitas, pelayanan umum, serta pemberdayaan masyarakat sebagai penggerak ekonomi Desa.

Ikhwal Solihin : Inovasi Daerah Peluang Berkreativitas dan Berkarya

Hal ini disampaikan Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Setda Kabupaten Natuna, Ikhwal Solihin SE MA, dalam sambutannya membacakan amanat Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, sekaligus membuka secara resmi Fasilitasi dan Koordinasi Penguatan Sistem Inovasi Daerah Tahun 2019, di Gedung Serba Guna Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Batu Hitam – Ranai, Kamis 5 Desember 2019.

Solihin mengingatkan, hendaknya seluruh pemangku kepentingan dapat mengambil peran serta seluruh unsur untuk terlibat memberikan ide yang bersifat terukur dan berdampak positif bagi kemajuan Desa.

“Oleh karenanya, kegiatan ini dipandang strategis bagi memberikan pemahaman, membangun kepedulian, dan memberikan ruang publik bagi pemberdayaan masyarakat Desa dalam pembangunan, sebagaimana esensi mendasar dari Peraturan Pemerintah No 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, sekaligus dalam penguatan sistem inovasi daerah Kabupaten Natuna,” ujarnya.

Solihin menjelaskan, inovasi daerah merupakan peluang bagi daerah untuk berkreativitas dan berkarya, melahirkan ide dan gagasan, dalam rangka menciptakan terobosan baru untuk mendukung peningkatan kinerja pemerintah daerah.

“Sehingga pada gilirannya sektor prioritas dapat benar-benar dioptimalkan, pelayanan prima dapat terwujut lebih profesional dan merata, pertumbuhan ekonomi dapat terus dipacu, sehingga kemandirian Desa, serta daerah Kabupaten Natuna dapat kita capai bersama,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara ini, para pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, Kepala Bidang Daya Saing Industri Pusat Pengkajian Kebijakan Peningkatan Daya Saing – BPPT, Ir.Atang Sulaiman (sebagai narasumber), para Camat, Lurah dan Kepala Desa, serta para peserta kegiatan. (*Rian)

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan