Hadapi Pilkada 2020, Bawaslu Natuna Evaluasi Capaian Kinerja Pemilu 2019

harianmetropolitan.co.id, Natuna– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Natuna melakukan evaluasi atas capaian kinerja pada pemilu legislatif dan Pilpres 2019, untuk menghadapi Pilkada serentak tahun 2020, Sabtu 7 Desember 2019, di Hotel Trend Central.

Komisioner Bawaslu kabupaten Natuna, Ayanef Yulius, selaku Divisi HPP mengatakan tujuan dari evaluasi pelaksanaan Pemilu 2019 secara keseluruhan adalah ingin mengetahui capaian kinerja, agar saat Pilkada 2020 nanti agar, Bawaslu dapat meningkatkan kinerja pengawasan.

Ada tiga tahapan pengawasan yang telah dilakukan oleh Bawaslu selama tahapan Pemilu 2019, mulai dari pengawasan, pencegahan hingga penindakan.

Pada pengawasan pemilu lalu, Bawaslu memastikan semua kegiatan pemilu berjalan sesuai aturan. Berikutnya pencegahan yang dilakukan sebelum terjadinya pelanggaran baik penyelenggara pemilu, peserta pemilu bahkan masyarakat yang berpartisipasi.

“Oleh karena itu Bawaslu membutuhkan masukan positif dalam rangka kinerja Bawaslu ke depan terutama pada Pilkada 2020, Kami akan menampung dan menindaklanjuti masukan yang telah disampaikan oleh stakeholder,” kata Ayanef.

Disamping itu, Komisioner Bawaslu Natuna, Lindawati, selaku Divisi SDM mengatakan, dirinya akan mengevaluasi  perekrutan panwas kecamatan.

Linda menerangkan, saat pemilu 2019, Bawaslu hanya menyampaikan berkas penerimaan Panwas kecamatan ke pihak kecamatan supaya disampaikan ke tingkat desa dan kelurahaan ternyata kurang sampai ke masyarakat luas.

“Jadi, untuk Pilkada 2020, kami dan Staf Bawaslu turun langsung menempelkan berkas penerimaan panwas kecamatan di tempat tempat yang langsung diketahui masyarakat, dan hasilnya, tingkat antusias masyarakat untuk bergabung ke panwas kecamatan jauh lebih meningkat dari tahun tahun sebelumnya dan kita lebih transparan,” kata Linda.

Dalam kesempatan yang sama kepala Bakesbangpolda Natuna Mukhtar Ahmad mengapresiasi Bawaslu Natuna dalam pelaksanaan pemilu 2019 lalu.

Ia berharap, tahapan pilkada serentak tahun 2020 terlaksana dengan baik dan dapat berlangsung dengan luber, jurdil, langsung, bebas dan rahasia. “Pemerintah Natuna, terkhusus dari Bakesbangpol siap mendukung penuh program Bawaslu Natuna,” katanya. (*SL/Rian)

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan