Bekerjasama Bapelkes, Dinkes-PPKB Lingga Adakan Pelatihan Mikroskopis Malaria

Lingga, harianmetropolitan.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, melalui Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB), terus membenahi dan meningkatkan kualitas kesehatan.

Dipundak kepemimpinan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, dr. Bukit Tua Rayanto Gultom terus membenahi dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Saat ini Dinkes-PPKB Lingga bekerja sama dengan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam mengadakan Pelatihan Mikroskopis Malaria, dari tanggal 3 sampai 8 Juni 2024.

“Kegiatan tersebut berlangsung di Bapelkes Batam, dari tanggal 3 sampai 8 Juni 2024,”ujar kepala Dinkes-PPKB dr. Bukit Tua Rayanto Gultom, melalui Wirawan Trisna Putra, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Lebih lanjut, Wirawan Trisna menjelaskan, Pelatihan ini ditujukan khusus kepada tenaga analis laboratorium yang bekerja di puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Lingga.

“Pelatihan Mikroskopis Malaria ini diikuti oleh tenaga analis laboratorium dari puskesmas dan rumah sakit se-Kabupaten Lingga,” jelas dia.

Wirawan menyebut, bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja petugas laboratorium di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan. Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dalam penegakan diagnosis penyakit malaria, yang masih menjadi salah satu masalah kesehatan di beberapa daerah di Indonesia.

“Kami berharap dengan adanya tenaga mikroskopis malaria yang terlatih, diagnosa penyakit malaria dapat dilakukan secara lebih akurat dan efektif,” tambah Wirawan.

Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya kontinu Dinkes-PPKB Lingga untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di wilayah tersebut, khususnya dalam menghadapi dan mengelola penyakit-penyakit yang memerlukan perhatian khusus seperti malaria.

Selain pelatihan mikroskopis malaria, Dinkes-PPKB Lingga juga mengadakan pelatihan terkait kesehatan jiwa, menunjukkan komitmen mereka dalam mengatasi berbagai isu kesehatan di Lingga. (Hendra)

Telah dibaca 214 kali

Bagikan
Baca Juga :   Terlibat Politik, ASN Akan Dipecat

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan