Pemkab Lingga Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Ke-19

Lingga, harianmetropolitan.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga menggelar upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Lingga yang ke-19 di halaman Kantor Bupati Lingga, Kecamatan Lingga, Kepulauan Riau, Minggu 20 November 2022.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lingga, Muhammad Nizar bertindak sebagai inspektur upacara, yang diikuti barisan THL/PTT, ASN, Satpol PP, juga dihadiri jajaran pejabat Pemkab Lingga, Wakil Bupati Lingga dan Ketua DPRD serta berbagai unsur undangan.

Dengan mengusung tema “Bunda Tanah Melayu Bangkit Bersama Menuju Masyarakat Sejahtera,” Bupati Lingga dalam amanatnya mengatakan beberapa poin pencapaian makro pemerintah Kabupaten Lingga.

Diantaranya, Pemulihan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi saat ini perekonomian hingga menunjukkan tren yang positif yaitu di mana pada tahun 2020 ekonomi Kabupaten Lingga tumbuh sebesar 0,68% sedangkan pada tahun 2021. Selanjutnya, Peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

“Serta Peningkatan Angka Harapan Hidup serta lama Sekolah menunjukkan angka Positif, Penurunan Angka Kemiskinan hingga menduduki peringkat 4 Provinsi Kepri, Peningkatan Retribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari tahun 2020 52 Miliar, dan ditahun 2021 naik 61,7 Miliar,” lanjut Bupati Lingga.

Tak hanya itu, Bupati Lingga juga membeberkan pemerintah daerah juga telah menekan peningkatan indeks sebesar 0,24 poin dimana pada tahun 2020 sebesar 65,29 poin dan pada tahun 2021 sebesar 65,83 poin, Penganugrahan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI secara Berturut-turut.

“Juga adapun pencegahan dan penurunan angka Stanting di Kabupaten Lingga hingga ditahun 2022 terhitung per Agustus sebesar 7,44 % (Data Real Time) serta Angka Harapan Hidup,” sambungnya.

Ia mengungkapkan, pencapaian tersebut juga dilandasi dengan kerjasama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau FKPD serta segenap lembaga instansi vertikal seluruh perangkat daerah dan seluruh elemen masyarakat yang terus berperan aktif menumbuhkan ekstensi.

Baca Juga :   Gubernur Minta ASN Pemprov Kepri Jaga Kekompakan

“Mari kita jadikan momentum ini sebagai tanda untuk berjuang lebih keras, tidak ada perjuangan dan kerja keras yang tidak menghasilkan apa-apa, kami yakin dengan visi – misi yang kami usung terwujudnya Kabupaten Lingga sebagai bunda tanah melayu yang maju dan sejahtera dan semangat kita semua maka akan terwujud,” tungkasnya.(hen)

Telah dibaca 45 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan