Dedikasi Ketua DPD Ajo Indonesia Sumatra Barat

Padang- (harianmetropolitan.co.id).         Ketua DPD Aliansi Jurnalistik Online Indoensia, Sumatra Barat, Ecevit Demirel, terus berdedikasi bagi perkembangan dunia jurnalistik.

Kali ini, Ritvone bersama Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Padang melaksanakan pelatihan jurnalistik, untuk ke dua kalinya.

Pelatihan ini menyasar peserta dari remaja masjid dan mushala di Kota Padang.

Berlokasi di aula Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Padang, Jalan Kampung Baru Berok Siteba, Nanggalo, Padang, Minggu 29 April 2018, pelatihan jurnalistik angkatan kedua, mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Dakwah dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Era Digital”.

Ketua Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia Sumatera Barat, Ecevit Demirel-biasa di sapa Ede, membuka acara secara resmi.

Kegiatan inisiatif, RITVone dan PC GP Ansor Kota Padang, ini bertujuan meningkatkan nilai- nilai positif dunia jurnalistik.

Ketua AJO Indonesia Sumatra Barat, dalam arahannya memberi motifasi, dan menyerukan agar masing-masing peserta fokus, serius dan tidak menyia-nyiakan kesempatan pelatihan itu.

Sebelumnya, Ketua GP Ansor Kota Padang, Tan Gusli, S.Fil.I, MAP, MA, menyampaikan harapannya, semoga generasi muda Islam — khususnya di Kota Padang — tidak mudah terjebak pemberitaan HOAX di media sosial, karena telah dibekali dengan ilmu jurnalistik.

Menurutnya, pelatihan jurnalistik merupakan salah satu lini pergerakan membentuk karakter generasi muda yang berpengetahuan dan berwawasan luas.

“Dari pelatihan ini, mudah-mudahan lahir kader-kader da’i dengan kemampuan jurnalis handal, yang  bisa memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara baik di era digital,” harap Tan Gusli.

“Kami dari AJO Indonesia setiap saat siap membimbing dan membina adik-adik, sehingga nantinya menjadi da’i yang paham dunia jurnalistik, terutama dalam hal penyajian tulisan bermuatan dakwah dengan struktur dan tata bahasa yang benar di media siber,” ujar pria yang mengawali karir jurnalistik di media cetak group Jawapos tersebut.

Baca Juga :   Penangkapan Kelas Teri, Bea Cukai Karimun?

Pimpinan RITVone, Eri Gusnedi, dalam prakata di awal kegiatan, menjelaskan, pelatihan jurnalistik yang dilaksanakan bersama PC GP Ansor Kota Padang ini, salah satunya bertujuan agar generasi muda Islam tidak mudah terjebak dalam penyebaran berita-berita bohong  atau HOAX. Selebihnya diharapkan, para peserta pelatihan mampu memanfaatkan kemajuan IT sebagai media dakwah.

“Di era dijital, generasi muda, khususnya kader-kader da’i dituntut mampu memanfaatkan perkembangan IT dengan baik, menguasai ilmu jurnalistik, sehingga dakwah-dakwah yang disampaikan melalui tulisan di media siber benar-benar menjadi referensi yang sahih bagi umat,” papar Eri.(**)

Editor : Redaksi
Sumber: AJO Indoensia

Telah dibaca 438 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan