Batik Jambi Jadi Ikon Dalam Giat Gelar Batik Nusantara Di Jakarta

harianmetropolitan.co.id, Jakarta– Kementerian Perindustrian Republik Indonesia bekerjasama dengan Yayasan Batik Indonesia yang disponsori berbagai instansi dan perusahaan menyelenggarakan Gelar Batik Nusantara (GBN) ke-11 di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Rabu 8 Mei 2019 oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Hj.Mufida Jusuf Kalla didampingi Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto.

Suatu kebanggan bagi Provinsi Jambi karena Batik Jambi dijadikan ikon dalam GBN ke-11 tersebut, dimana seluruh panitia menggunakan Batik Jambi. Hal tersebut tentunya turut membantu mempromosikan Batik Jambi, yakni produk yang dihasilkan berdasarkan budaya Provinsi Jambi.

Usai pembukaan GBN, Gubernur Jambi, Fachrori Umar, didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Jambi, Hj.Rahima Fachrori Umar mengunjungi Stand Dekranasada Provinsi Jambi yang menampilkan Batik Jambi dengan berbagai motif dan warna.

Fachrori mengemukakan bahwa pengembangan Batik Jambi harus dilakukan secara berkelanjutan, secara terus-menerus, dengan harapan agar kualitas Batik Jambi terus meningkat, dan untuk itu, Pemerintah Provinsi Jambi bekerjasama dengan pihak-pihak terkait terus mendukung pengembangan Batik Jambi.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Jambi Hj. Rahima Fachrori mengaku sangat bangga dengan dijadikannya Batik Jambi sebagai ikon dalam GBN 2019, termasuk dengan adanya penghargaan yang diterima Provinsi Jambi dalam kategori Penghargaan Pemberi Inspirasi dan Motivasi, yaitu kepada Ida Maryanti, yang merupakan pengurus Dekranasda Provinsi Jambi.

“Kita terus berupaya mengembangkan Batik Jambi, kita mensupport para pengrajin-pengrajin Batik Jambi, supaya mereka lebih semangat lagi, agar terus mengembangkan Batik Jambi, agar mutu Batik Jambi semakin meningkat dan semakin dikenal,” ujar Rahima.

Laporan: Novalino

Telah dibaca 674 kali

Bagikan
Baca Juga :   Soal Covid-19, Gubernur Jambi Tinjau Posko Pemeriksaan Batas Provinsi

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan