Asisten II Pemkab Natuna Ingatkan Pentingnya Pengelolaan Arsip Statis

harianmetropolitan.co.id, Natuna– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna, menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Arsip Statis, dalam rangka penyusutan arsip daerah Kabupaten Natuna, di Aula Tren Central Hotel, Selasa 12 N0vember 2019. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten II Pemkab Natuna, Tasrif Amran. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna, Ir Basri, menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini untuk mewujudkan pengurangan jumlah arsip dengan cara pemindahan arsip inaktif dari unit pengelolah ke unit kearsipan, pemusnahan arsip yang tidak memiliki nilai, dan penyerahan arsip statis kepada lembaga kearsipan (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna).

Kegiatan ini, diselenggarakan selama 2 hari dengan peserta berjumlah 65 orang, yang merupakan perwakilan dari pengelolaan arsip OPD dari 29 OPD dan BUMD Kabupaten Natuna, dengan narasumber berasal dari Arsip Nasional Republik Indonesia, Stella Sigrid Juliet.

Sementara itu, Asisten II Pemkab Natuna dalam pidatonya menyampaikan, pengelolaan kearsipan merupakan fungsi penting sebagai rekam jejak informasi sejarah, terkait aset, maupun berbagai kepentingan penyimpanan informasi lainnya. Arsip merupakan sumber informasi dan sebagai bahan pertanggungjawaban autentik, sehingga menjadi keharusan bahwa pengelolaannya harus diselenggarakan secara profesional sesuai kaedah dan aturan.

“Dalam momen yang berbahagia ini perlu saya tekankan bahwa peran saudara-saudara sekalian para pengelola kearsipan disetiap organisasi perangkat daerah sangat penting. Karena ditangan saudara sekalian informasi dikumpulkan menjadi data utuh dan menyeluruh. Merekam segala aktivitas kedinasan, berbagai kebijakan, serta bahan pertimbangan yang sudah barang tentu memiliki nilai penting,” katanya. Ia berharap, segenap peserta kegiatan benar-benar fokus dalam mengikuti kegiatan ini. (*Rian)

Telah dibaca 346 kali

Bagikan
Baca Juga :   Kapolres Muarojambi Beserta TNI, Sukses Amankan Jalannya Pemilu 2019

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan