Gubernur Jambi Dianugrahi Penghargaan Oleh Pramuka Sabah Malaysia

harianmetropolitan.co.id, Jambi– Gubernur Jambi, Fachrori Umar, selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka Jambi dianugerahi penghargaan oleh Pramuka Sabah Malaysia.

Penghargaan persekutuan pengakap Negeri Sabah tersebut diserahkan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi oleh Ketua Persekutuan Pengakap Negeri Sabah Malaysia, Datuk Dr.Awang Zaini, Rabu 27 November 2019 malam.

Selain itu, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka, H.Sudirman, juga menyerahkan piala tetap untuk Provinsi Jambi, karena Pramuka Provinsi Jambi berhasil tiga kali berturut-turut meraih juara umum tingkat nasional Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Wanabakti Nasional 2019 (Pertikawan).

Fachrori menjelaskan, Provinsi Jambi terletak di tengah Pulau Sumatera dan dekat dengan kawasan segitiga pertumbuhan antara Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand atau sering disebut segitiga pertumbuhan (IMS-GT) dan (IMT-GT). Luas Provinsi Jambi mencapai 53.435 Km2, secara administratif terdiri dari 9 kabupaten dan 2 kota, serta 141 Kecamatan dengan Jumlah penduduk telah mencapai 3,57 juta jiwa. Dan, penduduk Provinsi Jambi, lanjut Fachrori, multi etnis diantaranya Melayu Jambi, Jawa, Minang, Batak, Sunda, Bugis, dan China serta suku lainnya, yang dapat hidup berdampingan dengan baik.

Generasi muda (Pramuka)  merupakan penerus estafet pembangunan harus mampu melestarikan nilai-nilai perjuangan bangsa dan nasionalisme serta Bhinneka Tunggal Ika, serta menegaskan bahwa Pramuka harus bisa menjadi pemersatu keanekaragaman dengan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan serta nasionalisme bangsa, sebagai modal yang sangat penting dalam pembangunan.

Sementara itu, Ketua Persekutuan Pengakap Negeri Sabah Malaysia Datuk Dr.Awang Zaini menyampaikan, Persekutuan Pengakap Malaysia adalah organisasi pemuda terbesar di Malaysia dan anggota Organisasi Gerakan Pramuka Dunia (WOSM), menganggap bahwa Gubernur Jambi Fachrori Umar berhasil dalam pembinaan Pramuka di Provinsi Jambi sehingga banyak prestasi yang diraih.

Baca Juga :   SDN 001 Tanjung, Raih Prestasi Gemilang, Lomba Lukis Wisata Jelita Sejuba

“Kami ucapkan terima kasih atas sambutan dari Pemerintah Provinsi Jambi yang begitu meriah dan penuh keakraban dan persaudaraan, untuk itu kami dari Malaysia memandang perlu diberikan penghargaan ini, apalagi dari Pramuka kita sudah terjalin persaudaraan begitu lama,” tambah Awang Zaini.

Wakil Ketua Kwatir Nasional Pramuka, Brigjen TNI Purn. Hasto Pratisno Yuwono menyampaikan, kecintaan terhadap Jambi sudah ada sejak dulu. “Jambi ini indah dan unik, masyarakatnya baik dan ramah, alamnya indah, saya selalu memantau perkembangan Jambi, melalui berita media,” ungkapnya.

H.Sudirman, selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan pembinaan Gubernur Jambi selama ini lebih kurang 10 tahun kemajuan Pramuka Provinsi Jambi berdampak positif bagi kemajuan generasi muda Jambi.

“Berbagai kegiatan perkemahan, baik diselengarakan di Provinsi Jambi maupun ditingkat nasional bahkan internasional kita ikuti dan berbagai prestasi kita diraih Pramuka Jambi,” ungkap Sudirman. (*Novalino).

Telah dibaca 547 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan