Polres Kampar Gelar Simulasi Penanganan Karhutla dalam rangka Riau Bebas Asap tahun 2020

harianmetropolitan.co.id, Kampar– Jajaran Polres Kampar bersama Unsur TNI dan Stakeholder terkait menggelar Apel Kesiapan dan Simulasi Penanganan Karhutla dalam rangka Riau bebas asap tahun 2020.

Pelaksanaan Apel Kesiapan dan Simulasi Penanganan Karhutla ini diadakan di Lapangan Grafari Padma Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang, Kamis pagi 5 Desember 2019.

Tampak hadir Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid, Kabag Ops Kompol Lilik Surianto dan Kapolsek Siak Hulu Kompol Zulkarnain, Kapolsek Tambang Iptu Jurfredi, Kapolsek Kampar AKP Hendrizal Gani  dan Kasat Sabhara Iptu Ikwan Widarmono.

Juga hadir Danramil 07/ Kpr Kapten Inf. Asril, Kepala BPBD Kampar  diwakili Nasri Roza dan Camat Tambang diwakili Sekcam Ganda Putra S.Stp.

Pelaksanaan Apel dipimpin langsung Kapolres Kampar AKBP Muhammad Kholid SIK dan Komandan Apel Kapolsek Tambang Iptu Jurfredi

Untuk peserta apel terdiri dari Personel Gabungan Polres Kampar dan Polsek Jajaran sejumlah 59 personel, 1 Pleton personel TNI dari Kodim 0313/ KPR dan Koramil 05/ Kpr, 1 Regu Anggota Damkar Pemkab Kampar, 1 Regu Masyarakat Peduli Api Desa Rimbo Panjang serta Manggala Agni.

Kapolres Kampar selaku Pimpinan Apel dalam arahannya menyampaikan beberapa penekanan, seperti masalah karhutla merupakan atensi dari Presiden serta Kapolri, untuk itu penanganan Karhutla harus terus ditindaklanjuti terutama pada lahan bekas kebakaran yang harus tetap diawasi, apabila ada aktivitas dilahan tersebut agar dilakukan pemeriksaan terhadap pemiliknya.

Sebagai salahsatu langkah antisipasi penanganan karhutla, Jajaran Polda Riau telah membuat Aplikasi Lancang Kuning yang terkoneksi dengan personel Jajaran Polda Riau guna melakukan kegiatan-kegiatan penanganan Karhutla secara terpadu.

Masalah karhutla dan penanganannya telah menghabiskan banyak anggaran negara, diharapkan pada tahun 2020 mendatang Daerah Riau dapat terbebas dari asap akibat kebakaran lahan ini.

Baca Juga :   Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 di Karimun, Ini Pesan Sekda Kepada Para Pemuda

Usai pelaksanaan Apel Kesiapan ini dilanjutkan dengan kegiatan Simulasi Pengananan Karhutla oleh personel gabungan Polres Kampar dan Polsek Jajaran, TNI, BPBD, Damkar, MPA dan Manggala Agni, dengan Koorditor Kegiatan Kabag Ops Kompol Lilik Surianto.

Pelaksanaan simulasi ini meliputi kegiatan Patroli Karhutla Gabungan TNI – Polri, Penyampaian Maklumat Kapolda Riau kepada masyarakat tentang larangan membakar lahan, Manajemen penangan karhutla dan sinergitas lintas sektoral dalam pemadaman kebakaran lahan.

Selain itu juga disimulasikan tentang Penanganan Pelaku Karhutla, Teknik pemadaman api pada lahan yang terbakar dan Pemasangan Police Line serta Plang Pengumuman bahwa Lahan dalam penyelidikan pihak Kepolisian.

Kegiatan simulasi ini berakhir sekitar pukul 10.30 Wib dan dilanjutkan peninjauan Kanal Bloking di Jalan Harapan Raya Desa Rimbo Panjang, seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan aman dan lancar. (*Amri)

Telah dibaca 440 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan