Konflik di Natuna, Ini Penyebab Nelayan Cina Suka Cari Ikan di Indonesia

harianmetropolitan.co.id, Jakarta – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Syarief Hasan menerima kunjungan Duta Besar Cina untuk Indonesia Xiao Qian di kantornya hari ini, Jumat, 24 Januari 2020. Dalam pertemuan itu, Syarief dan Xiao Qian membicarakan sejumlah isu seperti konflik di Natuna.

Ihwal konflik di Natuna, kata Syarif, Xiao Qian mengatakan bahwa mereka sudah menandatangani dan meratifikasi United Nation Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982. Namun, nelayan-nelayan Cina tetap suka mencari ikan di perairan Indonesia karena faktor cuaca.

“Udara di bagian utara itu dingin, sehingga mereka tidak bisa mencari ikan di situ. Jadi mereka berpindah sehingga kadang-kadang masuk ke daerah situ,” kata Syarief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dikutip dari Tempo.co, Jumat, 25 Januari 2020.

Dubes Cina Xiao Qian mengatakan permasalahan di Natuna akan terus diselesaikan dengan diplomasi. Dia mengatakan Cina tak memperdebatkan kewenangan Indonesia atas perairan Natuna.

“Dalam isu ini, kami punya pandangan sendiri, Indonesia juga punya pandangan sendiri. kami punya pandangan berbeda, dan ini tidak masalah,” ujar Xiao Qian.(*red)

Telah dibaca 428 kali

Bagikan
Baca Juga :   Gunakan Sistem CAT, Wabup Lingga Sebut Lahirkan ASN Kompetitif

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan