Lima Pemancing Dalam Pencarian Tim SAR

Bintan- (harianmetropolitan.co.id). Sebuah kapal pompong nelayan yang digunakan untuk memancing ikan dikabarkan mengalami mati mesin saat berada di Perairan Mapur, Kabupaten Bintan.

“Benar, telah terjadi Ops SAR kecelakaan kapal pompong nelayan mati mesin di perairan Mapur, Kabupaten Bintan,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang Mu’min, S.E., M.M. selaku SMC (SAR Mission Coordinator) melalui rilis tertulisnya, Jumat (5/5/2020).

Mu’min mengatakan, peristiwa kecelakaan kapal di laut tersebut diperkirakan terjadi pada Jumat (5/6/20) sekitar pukul 09.00 Wib.”Kita terima infonya dari Bapak Dodi sekitar pukul 16.15 Wib,” kata Mu’min.

Atas peristiwa tersebut, lanjut Mu’min, pihaknya langsung melakukan operasi SAR dengan melakukan penunjukan SMC, laporan awal ke BCC dan menerjunkan RB 209 & Tim Rescue Kansar Tanjungpinang yang berjumlah empat orang.

“Total POB, 19 orang bergerak menuju lokasi kejadian,” terangnya.

Mu’min mengutarakan, lima pemancing yang berada di kapal pompong nelayan tersebut belum ditemukan hingga Tim SAR melakukan upaya pencarian.

“Kelima orang korban yang masih dalam pencarian tersebut yakni masing – masing bernama Fahmi, Abdur Rahim, Kas Muri, Epi dan Dodi,” kata Mu’min.

Mu’min menyatakan, kelima orang tersebut pergi memancing menggunakan kapal pompong dari Kijang menuju perairan Mapur. Namun, saat berada di perairan Mapur, kapal mengalami mati mesin.

“Selanjutnya, korban mencoba memperbaiki mesin tersebut, namun mesin tidak dapat diperbaiki sehingga kapal pompong yang digunakan hanyut terbawa arus,” terangnya.

Ditambahkan Mu’min, upaya pencarian para korban juga melibatkan Tim SAR gabungan yang terdiri dari KanSAR Tanjungpinang, Polair Polres Bintan, Danpos AL Kijang, Babinsa Desa Mapur, Bhabinkamtibmas Desa Mapur dan masyarakat setempat.

Adapun Alut dan peralatan SAR yang digunakan yakni RB 209, alat selam, Palkom, Palmedis/Evakuasi, Pakaian Covid-19. Hingga berita ini diturunkan, upaya pencarian masih dilakukan.

Baca Juga :   Lindungi Masyarakat, Wujudkan Pilkada Sehat

 

Penulis: Rindu Sianipar.
Editor: Doni Sianipar.

Telah dibaca 968 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan