Komisi I DPRD Natuna Cek Kesiapan RSUD Natuna Hadapi Covid-19

harianmetropolitan.co.id, Natuna– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Natuna memberi perhatian serius terhadap peningkatan kasus penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepulauan Riau. Kepedulian tersebut ditunjukan dengan melakukan pengecekan secara langsung kesiapan RSUD Kabuaten Natuna dalam menghadapi kondisi terburuk apabila nantinya terjadi kasus Covid-19, Senin 10 Agustus 2020.

Peninjauan dilakukan oleh Komisi I DPRD Natuna dipimpin langsung Ketua Komisi I, Wan Arismunandar dan Wakil Ketua Komisi I, Pang Ali. Wan Aris menyampaikan pengecekan dilakukan bertujuan untuk mengecek kesiapan sarana dan prasarana yang dimiliki RSUD Natuna dalam menghadapi kondisi penyebaran covid-19.

“Karena tingkat kasus covid di Tanjungpinang semakin meningkat, oleh sebab itu kami langsung mengecek ke sini untuk melihat alat dan ruang, beserta perlengkapan lainnya,” ungkap Aris.

Rombongan Komisi I diterima oleh Kasubbag Umum, Humas dan Perlengkapan RSUD Natuna, Harpen Suryadi. Kepada Komisi I dia menjelaskan, sejauh ini pihaknya sedang mempersiapkan alat dan ruang isolasi. “Ada beberapa alat memang masih dalam proses pendampingan oleh pihak Kejaksaan untuk dilakukan pengadaan,” ujarnya.

Wan Aris dan Pang Ali diajak melihat persiapan ruang isolasi yang sudah disiapkan oleh pihak RSUD Natuna. Harpen menjelaskan prosesur dan mekanisme penanganan pasien Covid-19. “Kita mulai dari sini pak, inilah jalan masuk pasien setelah diantar menggunakan ambulan,” ungkap Harpen sambil menunjukan jalan masuk pasien.

Setelah itu Harpen memperlihatkan ruang ganti baju Alat Pelindung Diri (APD) sebelum tenaga media masuk kedalam ruangan isolasi sampai proses dilepaskannya baju APD setelah tenaga medis menggunakannya.

Menanggapi penjelasan dari pihak RSUD Natuna rombongan Komisi I DPRD Natuna memiliki keyakinan bahwa secara keseluruhan RSUD Natuna sudah siap apabila nantinya ada pasien positiv Covid-19. “Meskipun masih ada yang kurang, seperti alat pemeriksa tes Swab, namun saya lihat kesiapan RSUD sudah maksimal,” ungkap Pang Ali.

Baca Juga :   Fachrori, Kunjungi Kafilah MTQ Provinsi Jambi Di Medan

Selain melihat kesiapan ruang isolasi rombongan juga meninjau kegiatan pengurusan rapid tes bagi masyarakat yang membutuhkan sebagai serap melakukan perjalanan di loket yang telah disiapkan oleh RSUD Natuna. (*Rian)

Telah dibaca 602 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan