Marlin Tutup Festival Barongsai

Batam: Wakil Gubernur Kepri Hj. Marlin Agustina mengatakan upaya mengangkat kembali sektor pariwisata Kepri terus dilakukan. Karena pariwisata menjadi salah satu sektor yang akan mempercepat pemulihan ekonomi Kepri.

“Fesitival Barongsai ini menjadi salah satu iven untuk mengangkat kembali sektor pariwisata Kepri. Pariwisata bangkit, perekonomian Kepri cepat pulih,” kata Marlin saat menutup secara resmi Kepri Barongsai Festival 2021 di Atrium Mega Mall Batam Centre, Ahad (4/4) petang.

Salah satu upaya memulihkan sektor ini adaah dengan melakukan vaksinasi pelaku pariwisata. Termasuk membuka kembali pintu untuk wisatawan mancanegara lewat travel bubble.

Pemerintah Pusat pun mendukung vaksinasi untuk pelaku pariwisata. Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif langsung menghadiri proses vaksinasi sektor ini di Nongsa Batam. Juga melakukan pembicaraan dengan Singapura sebagai upaya membuka jalur ini.

Pada kesempatan itu, Wagub Marlin juga menegaskan tentang pembangunan infrastruktur di Batam. Terutama jalan-jalan milik provinsi. Salah satu yang menjadi perhatian Wagub Marlin adalah penyelesaian pembangunan jalan dari kawasan underpass Pelita hingga ke Simpang Frengki.

Sudah masuk tahun ke empat jalan tersebut belum selesai. Karena itu Wagub Marlin menegaskan komitmennya bahwa pada tahun anggaran 2022 jalan tersebut mulai diselesaikan. Ini juga sepagai upaya mendukung percepatan pembangunan infrastruktur di Kota Batam.

Sedangkan Wali Kota Batam Muhammad Rudi, mengajak masyarakat untuk bersiap menerima kunjungan wisatawan. Hal ini seiring dengan segera dibukanya pariwisata Lagoi di Bintan dan Nongsa Point Marina di Kota Batam.

Kota Batam juga terus membangun meski ditengah kondisi Covid-19. Karena perekomomian Batam harus terus bergerak, sekaligus meyakinkan kepada dunia luar, bahwa Batam serius menangani Covid. Batam juga terus bertekad mengakhiri kasus pandemi ini yang sudah berlangsung lebih dari setahun tersebut.

Baca Juga :   Mayat Ditemukan Terapung di Perairan Subi

Sementara itu Ketua PSMTI Kepri Eddy Hussy mengatakan, kalau digelarnya barongsai tidak lain untuk memastikan sekaligus memberikan informasi kalau pariwisata Kepri telah siap menerima kedatangan para pelancong.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepri Festival Barongsai dilaksanakan selama dua hari terhitung dari tanggal 2 samapai 4 April 2021. Festival barongsai ke-4 kali tahun 2021 ini diikuti oleh 10 tim barongsai se-Kepri yang ikut bertanding dan berlomba.

Kegiatan barongsai yang sudah menjadi cabang olahraga resmi dibawah binaan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) kali ini juga sengaja mendatangkan juri resmi bersertifikat dari seluruh Indonesia. Khusus untuk menjadi juri kejuaraan barongsai.

Seperti diketahui kegiatan festival barongsai ini masuk sebagai sepuluh besar Ivent Kalender Pariwisata Kepri Tahun 2021. Yang tujuan untuk meyakinkan pelancong mancanegara akan kesiapan Kepri menerima kunjungan wisatawan.

Tampil sebagai pemenang Kepri Barongsai Festival 2021. Sebagai juara terbaik pertama Long Shi B. Tanjungpinang juara terbaik kedua Tim Xincheng Batam dan juara terbaik ketiga Persaudaraan Barongsai asal Batam.

Penutupan acara yang berlangsung meriah tersebut, juga diisi dengan hiburan tarian nusantara yang ditampilkan Sanggar Wiranti Kota Batam dan juga atraksi parade kungfu.

Telah dibaca 435 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan