APBD Habis Hanya untuk Gaji PNS

JAKARTA, harianmetropolitan.co.id – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati kecewa penyerapan APBD tidak sesuai yang diharapkan di tengan pandemi Covid-19. Sebab, anggaran belanja pemerintah dalam APBD hanya dihabiskan untuk gaji para PNS.

“Belanja daerah masih belum sinkron, sebab lebih banyak untuk belanja pegawai daripada menolong kepada masyarakat atau belanja-belanja yang memang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Sri Mulyani dalam video virtual, Selasa 25 Mei 2021.

Sri Mulyani menjelaskan, penyerapan belanja APBD membuat dana daerah yang tersimpan di bank semakin besar. Per akhir April 2021, jumlahnya mencapai Rp194,54 triliun. Dana daerah yang ada di perbankan itu terus naik selama tiga bulan beruntun.

“Kondisi ini mengindikasikan bahwa pendapatan daerah, baik yang bersumber dari Transfer ke Daerah dan Dana Desa maupun sumber lainnya, belum digunakan secara optimal,” kata Sri Mulyani yang dilansir dari economi.okezone.com, Rabu 26 Mei 2021.

Menurut Sri Mulyani, APBD belum berkolaborasi dengan APBN yang bekerja membantu masyarakat.

“Jadi APBD belum bekerja secara sinkron dan optimal seiring dan seirama dengan APBN yang melakukan action untuk membantu masyarakat,” katanya.

Editor: Sar

Telah dibaca 560 kali

Bagikan
Baca Juga :   Kembangkan Budidaya Perikanan, APP Sinar Mas dan BRIN Lakukan Kerjasama

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan