Lomba Inovasi TTG, Kembangkan Potensi Anak Natuna

NATUNA, harianmetropolitan.co.id- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) ingin menampung minat dan bakat putra putri Natuna, sehingga menggelar lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat kabupaten secara virtual, di Kantor BP3D Natuna, Kamis 27 Mei 2021. Lewat kegiatan ini, hasil karya anak Natuna diharapkan dapat menjadi motivasi untuk membangun kecamatan dan desa.

Sekretaris Dinas PMD Tabranizal, saat dikonfirmasi, mengatakan, kegiatan ini sudah dijalankan selama dua tahun. Pada tahun 2017, Natuna pernah meraih juara tingkat nasional dari Posyantek Kecamatan Bunguran Barat dengan inovasi bagan terapung, dan tahun  2018 juga meraih juara harapan dua tingkat Provinsi dari posyantek Kecamatan Bunguran Timur dengan inovasi cabe smart. Bahkan, ditahun 2020, inovasi cabe smart two meraih juara harapan 1 tingkat nasional, dan meraih juara 3 ajang internasional di Taiwan dan juara 1 di Afrika. Oleh sebab itu, ia berharap seluruh camat di Natuna dapat mendorong para inovator di desa dan kelurahan agar dapat mengikuti lomba inovasi.

Acara Pembukaan Asisten lll Administrasi Umum mewakili Bupati Natuna. foto(ist)Sementara itu, Asisten lll Administrasi Umum, Hikmatul Arif, saat dimintai tanggapannya berpesan, agar beragam sektor di desa bisa dikembangkan dengan hasil melimpah diantaranya kerajinan, pertanian, dan peternakan. Ia yakin, ide yang diciptakan bisa mengembangkan potensi desa, dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Namun, diperlukan campur tangan pemerintah desa untuk mendukung pola fikir masyarakat dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pelaksanaan kegiatan pembukaan sedang berlangsung. foto (ist)

Pada tahun 2021, juri memutuskan untuk juara 1 diraih oleh Jumaidi dengan judul inovasi, MooApps Inovasi Monitoring Kesehatan Ternak Berbasis Teknologi Sebagai Solusi Pemulihan Ekonomi Desa dan UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19).
Juara 2 diraih oleh Altaf Haidar Ridwan, judul inovasi, Rainzer/Rain Handsanitizer, Air Hujan dan Air Laut menjadi Handsanitizer Non Alkohol Sebagai Solusi Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19. Juara 3 diraih oleh Sandi Pamungkas, judul Inovasi Basiltrik, Batako Pengahasil Listrik Sebagai Solusi Kebutuhan Akan Energi Listrik di Desa Terpencil Guna Mewujudkan Sbstainable Development Goal (SDGs) Desa 2030 di Indonesia.

Peserta lomba terhubung dengan juri secara virtual dan offline. foto (ist)
Usai Acara Pembukaan Asisten Ill Adminstrasi Umum fhoto bersama peserta dan panitia. foto (ist)

Kepala Dinas PMD Kabupaten Natuna, Anrizal Zen, mengaku kegiatan ini akan terus berlanjut setiap tahunnya, karena dilakukan secara berjenjang pada tingkat desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi hingga nasional. Sehingga sangat diperlukan dukungan para pihak untuk mengembangkan inovasi dan kreatifitas potensi anak Bangsa. Partisipasi peserta tahun ini sangat menarik karena di ikuti oleh murid SD kelas III yang sudah sangat berani, percaya diri dan mampu mempresentasikan serta menjawab pertanyaan. Kedepan, ia berharap agar anak-anak bertalenta dipantau untuk terus di ikut sertakan berkarya dalam penyaluran minat dan bakatnya dalam inovasi teknologi berbasis tepat guna. (*Rian)

Telah dibaca 84 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan