Rumah Baca Desa, Tumbuh Kembangkan Minat Baca Anak Natuna

NATUNA, harianmetropolitan.co.id- Demi meningkatkan minat baca anak, berbagai upaya telah dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, dibawah pimpinan Kepala Dinas Pendidikan, Suherman. Saat dikonfrimsi, Suherman mengatakan jika Rumah Baca Desa atau lebih lazim disebut Taman Bacaan Masyarakat adalah sebuah lembaga atau unit layanan berbagai kebutuhan bahan bacaan yang dibutuhkan dan berguna bagi setiap orang perorang atau sekelompok masyarakat di desa atau di wilayah. ““Jadi didirikan/dibentuk oleh sekelompok masyarakat atau komunitas yang punya perhatian terhadap keberlangsungan literasi khususnya bagi masyarakat dan anak-anak dalam mengembangkan budaya baca,” ucapnya, Jumat 28 Mei 2021.

(Penyerahan buku oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna)

Ia menjelaskan, selain berfungsi sebagai sumber informasi yang bersumber dari buku dan bahan bacaan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan warga dalam belajar, rumah baca juga harus mampu sebagai sumber rujukan yang menyediakan bahan referensi bagi pembelajaran dan kegiatan Iainnya maupun sebagai sumber hiburan yang menyediakan bahan-bahan bacaan yang sifatnya bebas, santai dan menyenangkan untuk memanfaatkan waktu senggang dalam memperoleh pengetahuan atau informasi baru yang menarik dan bermanfaat.

“Paling tidak mempunyai fungsi sebagai sarana pembelajaran bagi masyarakat dan anak-anak untuk belajar mandiri, dan sebagai penunjang kurikulum program Pendidikan Luar Sekolah, khususnya program keaksaraan”, katanya.

(Anak-anak sedang membaca di Rumah Taman Baca Masyarakat)

Oleh karenanya fungsinya, ia memberikan support atau dukungan atas prakarsa kelompok-kelompok pemerhati keberlangsungan proses pembelajaran dan penambahan pengetahuan melalui bermain sambil belajar bagi anak-anak yang berada di Kabupaten Natuna. “Harapan kita, dengan rumah baca ini tumbuh minat dan kegemaran membaca secara mandiri. Otomatis dapat memperkaya wawasan dan ilmu pengetahuan sehingga tercapainya masyarakat literasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Pj. Sekda Kabupaten Natuna, Hendra Kusuma, saat dikonfrimasi, Jumat 28 Mei 2021 mengatakan, untuk menumbuhkan minat baca anak diperlukan dorongan dan motivasi baik dari orang tua, sekolah dan lingkungan sekitar. Ia berharap, dengan didirikannya Taman Bacaan Masyarakat ini, para anak-anak tidak lagi sibuk untuk bermain gadget, melainkan sibuk membaca dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. “Buku adalah jendela dunia, meskipun kita berada di daerah paling utara, tapi jika anak gemar membaca, maka segala hal pasti ia tau lewat buku-buku yang dibaca oleh anak-anak,” ucap Hendra. (*RN)

Telah dibaca 68 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan