Hadapi Seleksi, Disdik Natuna Beri Pembekalan Dasar TIK dan Try Out Buat Calon PPPK Guru

(Kepala Dinas Pendidikan Natuna saat membuka kegiatan. foto-Jagokma)

NATUNA, harianmetropolitan.co.id – Sekretaris Dinas Pendidikan Natuna, Muhammad Faisal mengatakan, saat ini Dinas Pendidikan Natuna sedang melaksanakan pembekalan dasar Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) untuk seleksi khususnya Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru.

“Minggu depan akan dilanjutkan dengan try out pembahasan soal bagi calon peserta PPPK guru,” kata Faisal saat dikonfirmasi, Rabu 7 Juli 2021.

Ia menjelaskan, kegiatan ini sudah dimulai dari 1 Juli yang lalu secara daring dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Natuna, Suherman.

“Tutornya Budiman yang merupakan Kasi Pembinaan GTK TK dan Fauzan Masri yang merupakan Duta Rumah Belajar Kemendikbud sekaligus guru di SMA Negeri 2 Bunguran Timur. Nanti PPPK Guru akan siap mengikuti seleksi,” katanya.

(Sekretaris Dinas Pendidikan Natuna, Muhammad Faisal. foto-Jagokma)

Untuk tahapan seleksi PPPK Guru 2021, Faisal mengatakan sudah diatur melalui PermenPANRB No. 28/2021 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah Tahun 2021.

“Tahapannya terdiri dari perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran, seleksi, pengumuman hasil seleksi dan pengangkatan menjadi PPPK. Untuk tahapan seleksi PPPK Guru terdiri atas 2 tahap, yaitu seleksi administrasi dan seleksi kompetensi,” terangnya.

(Kegiatan pembekalan yang dilakukan secara daring)

Lanjutnya, seleksi kompetensi PPPK Guru dilakukan menggunakan sistem CAT-UNBK. Seleksi kompetensi memuat, Kompetensi Teknis, Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Sosial Kultural. Setiap seleksi kompetensi tersebut diikuti dengan pengumuman hasil seleksi kompetensi dan masa sanggah.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, calon PPPK Guru lebih siap menghadapi seleksi dan mendapat hasil yang terbaik,” imbuhnya. (*Jagokma)

Telah dibaca 202 kali

Bagikan
Baca Juga :   Fachrori Tinjau Pembangunan Gedung Sekolah Madrasah Nurul Falah Pemenang

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan