Kecamatan Lingga Utara Adakan Seleksi Calon Kades yang Berlebih

(Seleksi Calon Kepala Desa di Kecamatan Lingga Utara. foto-hendra) 

LINGGA, harianmetropolitan.co.id – Pemerintah Kecamatan Lingga Utara, mengadakan seleksi tambahan bagi bakal calon Kepala Desa yang lebih dari lima calon, pada Selasa 6 Juli 2021 kemarin.

Camat Lingga Utara Zulsapri, melalui Kasi Pemerintahan Kecamatan Lingga Utara, Maskur, menyampaikan, dari 9 Desa yang ada di Kecamatan Lingga Utara, ada dua desa yang melebihi bakal calon Kades, yaitu Desa Bukit Harapan dan Desa Resun Pesisir.

“Jadi 12 orang semalam bakal calon kades yang berasal dua desa harus ikut seleksi, karena dalam aturan tidak boleh tiap Desa melebihi dari 5 bakal Calon Kades, jika lebih harus di adakan seleksi sesuai aturan,” ungkap Maskur, Rabu 7 Juli 2021.

Maskur menuturkan, sebelum tes tertulis dan publik speaking peserta mengisi potensi indifidu.

“Ini juga masuk dalam poin penilaian, untuk waktu ujian tertulis kita kasih waktu satu jam setengah, dan ujian publik speaking 10 menit. Jadi setiap bakal calon ada yang gugur satu orang,” ucap Maskur.

Ia mengatakan, peserta dilarang menggunakan alat komunikasi saat tes tertulis berlangsung. Peserta hanya diberikan kesempatan satu kali menuliskan jawaban, dan tidak boleh ada pembetulan.

“Hasil tes tertulis dapat langsung diumumkan setelah tes rampung. Hasil tes tertulis ini akan diserahkan kepada panitia Pilkades tingkat desa untuk digabungkan dengan nilai tambahan dengan variabel yang telah ditetapkan berdasarkan Perbup, seperti pengalaman di lembaga pemerintahan, usia dan pendidikan yang akan menjadi penentu bakal calon lolos menjadi calon Kades,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan, jika bakal calon Kades yang mengundurkan diri sebelum penetapan tidak dikenakan sangsi, baik administrasi maupun pidana. Karena mereka mundur sebelum calon resmi ditetapkan.

Baca Juga :   Asrama Haji Penuh, Mes Kecamatan dan Penginapan Bakal Jadi Tempat Karantina

Meski demikian, mereka diminta untuk membuat pernyataan secara tertulis bermaterai yang menyatakan yang bersangkutan mengundurkan diri tanpa paksaan.

Dengan adanya seleksi ini. “Semoga menghasilkan bakal calon yg berkualitas, integritas, dan profesional,”tutup Maskur.

Hadir pada kesempatan tersebut Camat diwakili Sekcam, DPMD, Uspika Lingga Utara, tenaga Ahli pendamping desa, dan seluruh panitia kecamatan. (*Hendra)

Telah dibaca 33 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan