Cegah Penyakit DBD, Kades Ceruk, Ajak Masyarakat Hidup Bersih

(Kepala Desa Ceruk, Aramli, saat ditemui wartawan harianmetropolitan di ruang kerjanya. foto-Herry)

NATUNA, harianmetropolitan.co.id–
Kepala Desa Ceruk, Aramli, mengaku, Desa Ceruk saat ini bebas dari kasus penyakit demam berdarah (DBD). Hal itu ia katakan, saat ditemui wartawan harianmetropolitan di Kantor Desa Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna, Senin 26 Juli 2021.

Walaupun begitu, ia mewanti-wanti agar selalu waspada terhadap penyakit ini dengan cara menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk.

Sedikit banyaknya, Aramli mengetahui penyebab maraknya penyakit DBD disebabkan cuaca dan habitat jentik nyamuk di genangan air.

Aramli menjelaskan, salah satu cara pencegahan DBD adalah melalui fogging. Tujuan dilakukannya fogging, untuk membasmi nyamuk Aedes Aegypti yang membawa virus DBD agar tidak mengigit orang yang belum tertular.

Selain melakukan fogging, Aramli memberikan beberapa saran kepada masyarakat melakukan pola hidup bersih dan sehat di rumah dan lingkungan sekitar.

Ia memaparkan, pemerintah sudah menggencarkan sosialisasi gerakan 3M, yakni, menutup bak, menguras tempat-tempat penampungan air dan menguburkan kaleng, botol, plastik dan lainnya. (*Herry)

Telah dibaca 78 kali

Bagikan
Baca Juga :   Sebagai Bentuk Tanggung Jawab, Komisi III Tinjau Pekerjaan Jalan Batubi Kelarik

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan