Kelompok Tani Nujiami Dapat Bantuan Pembibitan Rp100 juta

NATUNA, harianmetropolitan.co.id– Kelompok Tani Nujiami di Desa Cemaga Tengah, Kecamatan Bunguran Selatan, Kabupaten Natuna, mendapatkan dana Rp100 juta dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Pengendalian DAS dan Hutan Lindung, Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Sei Jang Diriangkang Provinsi Kepulauan Riau tahun 2021.

Kelompok Nujiami mendapatkan bantuan itu sekitar sebulan lalu, untuk pembuatan kebun bibit rakyat, tepatnya pembibitan sembilan jenis tumbuh-tumbuhan, seperti, pohon pinang, pohon mangga, pohon karet, pohon jengkol, pohon petai, pohon rambutan, pohon nangka, pohon durian dan pohon matoa.

Hal ini disampaikan Ketua Kelompok Nujiami, Albuhari, di Desa Cemaga Tengah, tepatnya di Jl. H. Husen, ketika ditemui wartawan harianmetropolitan, Sabtu 7 Agustus 2021 pagi.

Albuhari menerangkan, dana Rp100 juta tersebut masih harus dipotong pajak 10 persen, setelah itu dibagi untuk 15 orang anggota. Pihaknya diminta untuk membibitkan sembilan jenis tanaman.

“Tahap pertama ini baru dicairkan 40 persen dananya. Informasi yang kami dapat, sampai bibit siap tanam dilokasi penanaman baru akan dibayar 100 persen,” ucap Albuhari.

Anggaran Rp100 juta itu diperuntukkan untuk mengadakan 3000 batang pinang, 8.000 batang mangga, 10.000 batang karet, 3.000 batang jengkol, 5.000 batang petai, 1.000 batang rambutan, 1.000 batang nangka, 1.000 batang durian dan 1.000 batang matoa.

Menurut keterangan Albuhari, Desa Cemaga Tengah, menjadi desa yang beruntung, karena kelompoknya dipercaya untuk melakukan pembibitan.

“Ya, kami bersyukur ada program ini, sebab pembibitan ini juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat Desa Cemaga Tengah, misalnya para lansia, kami minta juga untuk membantu mengisi mengisi bibit tanaman didalam poliback,” ucapnya.

Namun, ia belum berani berkomentar kepada siapa nanti bibit itu diberikan, sebab pihaknya belum mendapatkan arahan dari Kementrian Lingkungan Hidup. “Kalau bibit ini akan dikemanakan saya kurang tau pak, sebab kami hanya diminta membibitkan aja,” ucapnya.

Baca Juga :   Update Covid-19 di Natuna Per 27 Agustus 2021

Telah dibaca 285 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan