Proyek Lumbung Pangan, Menunggu Pembayaran Tahap Kedua

NATUNA, harianmetropolitan.co.id– Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna, mendapatkan alokasi Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan pada tahun 2021 untuk pembangunan lumbung pangan masyarakat dan penyediaan sarana pendukung di Desa Cemaga Tengah dan Desa Air Lengit.

Namun, anggaran DAK Penugasan ini, tidak disalurkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Natuna, melainkan langsung dari Kementrian Keuangan melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Natuna, dan disalurkan ke rekening Gabungan Kelompoknya Tani (Gapoktan).

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Natuna, Sri Hariningsih, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin 9 Agustus 2021 pagi.

(Pembangunan lumbung pangan di Desa Cemaga Tengah. foto-Jagokma)

Ia menerangkan, ada dua kelompok tani yang mendapat bantuan tersebut yakni, Gapoktan Bayan Makmur Desa Cemaga Tengah dan Gapoktan Sarana Jaya Desa Air Lengit. Anggaran sama yaitu, Rp332,500,000 dengan masa kerja 182 hari kalender.

Sri mengakui, jika progres pekerjaannya saat ini berhenti sementara lantaran anggaran belum dikucurkan dari kementerian. Sebab, pekerjaan kegiatan itu tidak seperti proyek fisik pada umumnya.

“Jadi, anggaran proyek itu dikucurkan secara bertahap sesuai dengan progres pekerjaannya. Tahap pertama 25 persen, setelah itu di cek oleh verifikator, setelah disetujui, baru diajukan lagi ke BPKAD Natuna untuk tahap kedua, setelah itu nanti akan dikucurkan lagi,” ucapnya.

Sri menegaskan, jika proyek itu bukan “mangkrak” melainkan hanya berhenti sementara menunggu anggaran tahap kedua cair. “Sudah diajukan, tunggu dananya cair aja. Biasanya dana DAK Penugasan ini prioritas,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, jika lumbung pangan itu dibangun karena Kabupaten Natuna, khususnya Desa Cemaga Tengah dan Air Lengit merupakan daerah rentan rawan pangan.

“Jadi, nanti isi dari lumbung pangan itu tergantung dari Gapoktan nya, mau diisi pangan apa. Bisa beras atau jangung,” jelasnya.

Baca Juga :   Syukuran, Cara Dandim Rayakan Kesuksesan TMMD

Sebelumnya, wartawan harianmetropolitan melakukan penelusuran terkait pembangunan lumbung pangan di Desa Cemaga Tengah, Ahad 8 Agustus 2021 lalu. Hasil pantauan di lapangan, tidak ada aktivitas pekerjaan di proyek tersebut. Bahkan, proyek tersebut tidak jelas memakai anggaran tahun berapa, sebab di papan informasi proyek, tidak tertera.  (*Jagokma)

Telah dibaca 155 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan