Sekda Anambas Pimpin Rapat Antisipasi Bencana

ANAMBAS, harianmetropolitan.co.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, memimpin rapat kesiapsiagaan dan antisipasi menghadapi Potensi Bencana Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Kabupaten Kepulauan Anambas dalam menghadapi musim hujan dan cuaca ekstrim yang akan datang. Rapat tersebut juga dilaksanakan secara Virtual, Kamis 19 Agustus 2021.

Rapat tersebut membahas langkah-langkah dalam menghadapi dan mengantisipasi terjadinya Banjir bandang dan tanah longsor, mengingat sejak beberapa hari ini di Kabupaten Kepulauan Anambas sudah terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Selain itu, Sekretaris Daerah, Sahtiar, mengatakan, bahwa kondisi cuaca di Kabupaten Kepulauan Anambas yang sulit diprediksi menjadi salah satu tantangan tersendiri sehingga perlu melakukan berbagai upaya – upaya persiapan dan langkah antisipasi dini dalam menghadapi cuaca ekstrim, seperti curah hujan tinggi. 

“Beberapa upaya atau langkah yang perlu kita persiapkan dalam mengantisipasi hal tersebut dengan mempersiapkan seperti, lokasi penampungan jika terjadi banjir dan longsor, melakukan gotong royong serta melakukan evaluasi di titik-titik lokasi rawan terjadi banjir dan longsor,” kata Sahtiar.

Sahtiar menyampaikan, beberapa lokasi yang terjadi banjir dan tanah longsor pada tahun 2020 lalu telah diantaranya, Desa Pesisir Timur, Desa Air Bini, Kelurahan Tarempa, Rintis, Desa Batu Berapit, Desa Mampok, Desa Ulu Maras dan sejumlah lokasi lainnya di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Oleh Sebab itu, perlu kita lakukan evaluasi kembali potensi terjadinya banjir dan tanah longsor di beberapa lokasi tersebut,” tuturnya. 

Sementara itu, Kepala BMKG Tarempa, Sirajul Munir, mengatakan berdasarkan perakiraan cuaca, pada bulan januari – agustus 2021 Kabupaten Kepulauan Anambas memasuki musim kemarau, namun pada kenyataannya berbeda pada bulan mei, juni, juli dan agustus terjadi curah hujan yang cukup dinggi bahkan di atas normal.

Baca Juga :   Disdukcapil Anambas dan Kemenag Lakukan MoU Tentang Layanan Dokumen Kependudukan

Ia berharap pada tahun ini tidak terjadi peningkatan curah hujan yang tinggi seperti pada tahun 2020 lalu sehingga menyebabkan terjadinya banjir dan lonsor.

Acara dihadiri Kepala Pelaksana BPBD, FKPD, Kepala OPD, BMKG Tarempa, Baznas Kabupaten Kepulauan Anambas dan Lurah Tarempa. (*Roza)

Telah dibaca 133 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan