Bupati Buka Rakornis PKK Kabupaten Asahan Tahun 2022

Kisaran, harianmetropolitan.co.id – Program Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam mengakomodir aspirasi dari desa dan kelurahan. Karena Tim Penggerak PKK memiliki kader sampai ke tingkat bawah yang lebih memahami kondisi dan potensi daerahnya masing – masing.

“Untuk itu mari kita jadikan Rakornis ini sebagai moment strategis guna mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan. Ayo ciptakan Rakornis dengan situasi demokratis, menghargai dan dapat mengakomodir semua pandangan yang berkembang,” ujar Bupati H. Surya BSc dalam bimbingan dan arahannya pada Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan Tahun 2022 yang berlangsung di pendopo rumah dinas Bupati setempat, Kamis (13/01/2022).

Kemudian dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan bahwa saat ini vaksinasi Covid – 19 sedang berjalan dengan bertahap di Kabupaten Asahan yang bertujuan mengurangi transmisi atau penularan virus corona. Oleh karenanya semua elemen masyarakat diminta bersabar dan tetap menerapkan protokol kesehatan serta membudayakan prilaku hidup bersih dan sehat dengan mengkonsumsi gizi seimbang.

Sebelumnya Bupati didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan Hj. Titiek Sugiharti Surya menyerahkan hadiah kepada desa pemenang lomba Bakti Sosial Kesatuan Gerak PKK Tahun 2021 diantaranya juara I Desa Sei Silo Barat Kecamatan Setia Janji, Juara II Desa Sei Kepayang Tengah Kecamatan Sei Kepayang, dan Juara III Desa Ambalutu Kecamatan Buntu Pane, serta menyerahkan bantuan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI dan UNICEF kepada anak usia 0 – 17 Tahun yang orang tuanya meninggal karena Covid – 19.

Sementara Plt. Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan Suherman Siregar S.STP, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari Rakornis tersebut adalah untuk meningkatkan kerjasama dalam pemberdayaan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Asahan antara OPD selaku pembina dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten maupun Kecamatan, menciptakan gerakan nasional keluarga pelopor perubahan melalui pembinaan karakter keluarga, pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga, serta penguatan ketahanan keluarga, kesehatan keluarga dan lingkungan.

Baca Juga :   Saingan Sedikit Jadi Solusi Lolos CPNS, Ini 13 Formasi yang Sepi Peminatnya?

Selain itu Rakornis ini juga bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai kebijakan Pemerintah Kabupaten Asahan ke Kecamatan dan Desa dalam hal persamaan persepsi dan keterpaduan pengelolaan gerakan PKK serta terindentifikasinya upaya pemecahan masalah terhadap aspek kelembagaan, program dan administrasi PKK Kabupeten Asahan.

Sedangkan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Asahan Hj. Titiek Sugiharti Surya dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini pihaknya akan melaksanakan kembali kegiatan Dasawisma PKK tahun 2022. Hal ini bertujuan agar Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan dapat lebih memahami makna Dasawisma.

“Oleh karena itu saya meminta kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Desa/Kelurahan menghadirkan kader yang telah mengikuti kegiatan Dasawisma di tahun sebelumnya sehingga dapat lebih mendalami materi dari kegiatan tersebut,” pungkas Hj. Titiek Sugiharti Surya.

Selanjutnya Rakornis di isi kegiatan pemberdayaan dengan materi yang disampaikan antara lain oleh Sekretaris TP PKK Kabupaten Asahan Hj. Nurasyah Rahmat Hidayat Siregar dengan materi tentang Administrasi PKK, Anggota Komisoner KPAD Kabupaten Asahan M. Syafrizal dengan materi tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak, serta Seksi Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak P2KBP3A Kabupaten Asahan Fahri Yanti SKM dengan materi tentang Cegah Perkawinam Anak Menuju Keluarga Indonesia Sejahtera Harmonis. (ids)

Telah dibaca 22 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan