AJOI Hadiri HUT ke 50 Basarnas

NATUNA, HARIANMETROPOLITAN.co.id – Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Natuna menggelar upcara peringatan HUT ke 50 Basarnas, Selasa 1 Maret 2022.

Kegiatan yang berpusat di halaman Markas KPP Basarnas Natuna, Jalan Adam Malik, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur ini, juga dihadiri oleh Ketua dan Anggota Aliansi Jurnalistik Online Indonesia Kabupaten Natuna, PWI, dan seluruh CPNS dan Personil SAR KPP Natuna.

“Kegiatan upacara HUT Basarnas kita laksanakan terbatas mengingat masih dalam situasi pandemi, ” ujar Kepala KPP Natuna Mexianus Bekabel .

Dalam upacara tersebut, Mexianus Bekabel sebagai inspektur upacara membacakan amanat Kepala Basarnas Pusat, Henri Alfiandi.

“Pada hari ini, kita masih diberikan nikmat kesehatan, lahir dan batin, untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas yang ke-50. Hari ini merupakan hari istimewa bagi kita semua, keluarga besar Basarnas. Tanggal 28 februari 2022 kemarin, korps baju orange genap berusia 50 tahun. ulang tahun emas,” tutur Mexi.

Lanjut katanya, keberhasilan penyelenggaraan operasi SAR itu memadukan berbagai komponen yang terangkum dalam empat (4) pilar utama. yang pertama adalah sumber daya manusia yang mumpuni. Kedua, sarana prasarana yang memadai, ketiga dukungan dari Potensi SAR, dan keempat adalah publikasi.

“Publikasi menjadi bagian penting dalam penyelenggaraan SAR. publikasi yang dikelola dengan baik akan meningkatkan reputasi dan citra positif institusi di mata publik. sebaliknya, publikasi yang buruk, lambat laun akan merusak kepercayaan masyarakat yang sudah terbangun selama ini,” tutur Mexi.

Lanjut Mexi membacakan sambutan Kepala Basarnas Pusat, Jejak-jejak keberhasilan dalam berbagai penyelenggaraan operasi SAR selama ini telah menghadirkan kepercayaan yang besar dari masyarakat. Tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri.

Baca Juga :   Sekretaris Disdikbud Natuna Hadiri Pengukuhan Lima Bunda PAUD Kecamatan

“Reputasi tersebut harus kita pertahankan. tidak hanya itu, kredibilitas tim sar kita juga diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional. dengan tim sar yang handal diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dalam melaksanakan segala aktivitasnya. karena itulah, tema basarnas emas tahun ini adalah, Cepat Tanggap Untuk Indonesia Maju,” tuturnya.

“Bapak presiden joko widodo saat membuka rapat kerja nasional basarnas tahun 2022 beberapa waktu mengapresiasi kinerja basarnas selama ini. Beliau juga memberikan pesan-pesan kepada kita semua. Di antaranya, kita harus menciptakan inovasi-inovasi sesuai perkembangan perkembangan tehnologi kekinian. Kita juga diharuskan meningkatkan kapabilitas  dan kompetensi tim SAR. Koordinasi intensif dan kolaborasi dengan potensi SAR. Menggiatkan SAR preventif dan mitigasi, serta membangun budaya SAR di masyarakat,” tambahnya.

Dalam giat itu pula, Kepala KPP Basarnas Natuna, Mexianus Bekabel, menjelaskan pihaknya meraih Juara III Nasional dalam kategori kesiapan sarana dan prasarana.

Sementara itu, Ketua Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) Natuna, Roy Sianipar, mendukung arahan Kepala Basarnas Pusat yang menganggap publikasi sebagai bagian penting dalam penyelenggaraan SAR.

Roy menganggap peran pemberitaan atau publikasi media di dalam operasi SAR sangat besar, dilihat dari aspek pemberian informasi yang benar dan valid ke masyarakat terkait keadaan di lapangan.

Pemimpin Redaksi metroindonesia.co.id ini pun berharap, Kepala KPP Natuna beserta jajarannya bisa selalu berkolaborasi dan bekerjasama dengan awak media di Natuna.

“Selamat Hari Ulang Tahun ke 50 Basarnas, semoga selalu diberkahi keselamatan, kesehatan, dan kekuatan dalam menjalankan tugas mulia, melakukan pencarian dan pertolongan,” ucap Roy. (*Rian)

Telah dibaca 68 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan