Bupati Natuna Tekankan Tiga Skala Prioritas Pembangunan, Saat Acara Penutupan Musrenbang 2023

Bupati Wan Siswandi Tutup Musrenbang Natuna, Ada 3 Skala Prioritas Pembangunan 2023
istimewa
Bupati Natuna Wan Siswandi saat menutup Musrenbang Kabupaten Natuna tahun 2022, bertempat di Gedung Sri Serindit, jalan Yos Sudarso, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Rabu (23/3/2022).

NATUNA, HARIANMETROPOLITAN.co.idBupati Natuna Wan Siswandi menutup kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Natuna tahun 2022, bertempat di Gedung Sri Serindit, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Bunguran Timur, Rabu (23/3/2022). Sebelumnya, Musrenbang Kabupaten Natuna dilaksanakan selama 3 hari yang digelar sejak Senin, 21 hingga Rabu, 23 Maret 2022 dan diikuti seluruh OPD, DPRD, Camat, Kades, DPD, Ormas, LSM, tokoh masyarakat dan tokoh agama se-Kabupaten Natuna.

Dalam sambutannya, Wan Siswandi mengatakan bahwa Musrenbang merupakan cerminan kualitas dan integritas diri aparatur pemerintah dan dapat diukur demi kepentingan masyarakat. Dimulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten dan dilanjutkan ke tingkat provinsi. Meskipun demikian, aspirasi ataupun usulan yang disampaikan dalam Musrenbang tidak semua bisa dilaksanakan dan tergantung pada kemampuan anggaran.

Menurutnya, semua saran dan masukan selama membahas Musrenbang Kabupaten, dapat menjawab permasalahan dan tantangan dalam berbagai aspek kehidupan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Natuna. “Kita telah mencurahkan perhatian, pikiran, tenaga, dan waktu untuk melaksanakan paparan dan diskusi demi menyepakati skala prioritas program kegiatan tahun depan. Alhamdulillah, serangkaian kesepakatan dan komitmen bersama telah kita dapati melalui musyawarah mufakat,” sebutnya.

Pelaksanaan Musrenbang tersebut, merupakan bagian dari beberapa tahapan penyusunan anggaran tahun 2023, perlu ditindaklanjuti oleh perangkat daerah untuk diformulasikan ke dalam Rencana Kerja (Renja) tahun depan.

Bupati Natuna Wan Siswandi memberikan piagam penghargaan kepada 4 Kepala Dinas atas prestasi dan kinerjanya. Adapun keempat Dinas itu adalah Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan catatan sipil dan DPMPTSP
Bupati Natuna Wan Siswandi memberikan piagam penghargaan kepada 4 Kepala Dinas atas prestasi dan kinerjanya. Adapun keempat Dinas itu adalah Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan catatan sipil dan DPMPTSP (istimewa)

“Rencana kerja perangkat daerah akan kita tindak lanjuti ke dalam rancangan akhir Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) yang merupakan akumulasi dari seluruh renja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna,” kata Wan Siswandi.

Ia melanjutkan, kemampuan keuangan daerah sangat terbatas jika dibandingkan dengan jumlah usulan kegiatan dari masyarakat. Untuk itu perangkat daerah perlu mencermati kembali prioritas program dan menetapkan prioritas program benar-benar mengarah kepada penyelesaian permasalahan mendesak, sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Baca Juga :   Roby Yakin Kehadiran Sirkuit F1 di Bintan Berpeluang di Event Internasional

“Kita upayakan percepatan pembangunan di berbagai bidang secara merata dan berkeadilan di seluruh wilayah Kabupaten Natuna” “Pada bulan April 2022 akan ada penambahan listrik 2 Mega, maka kita sinergikan Musrenbang ini antara Kabupaten Provinsi dan Pemerintah Pusat,” tegas Wan Siswandi.

Bupati Natuna, Wan Siswandi bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko foto bersama dengan empat Kepala Dinas usai memberikan piagam penghargaan di acara penutupan Musrenbang Kabupaten Natuna 2022
Bupati Natuna, Wan Siswandi bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Boy Wijanarko foto bersama dengan empat Kepala Dinas usai memberikan piagam penghargaan di acara penutupan Musrenbang Kabupaten Natuna 2022 (istimewa)

Ia juga memberi pujian luar biasa kepada Gubernur Kepri Ansar Ahmad telah banyak membantu dan membuka Musrenbang Kabupaten Natuna.

“Semoga RKPD Kabupaten Natuna tahun 2023, dapat dijadikan dasar dan masukan untuk penyusunan perencanaan pembangunan ke depan terutama dalam penyusunan rancangan akhir RKPD semakin baik dan berkualitas,” ujarnya. Prinsip-prinsip keterpaduan, kolaborasi dan koordinasi harus dikedepankan, agar benar-benar menyentuh langsung dalam mengatasi berbagai isu dan tantangan dari waktu ke waktu.

“Dengan berakhirnya pelaksanaan Musrenbang dalam penyusunan RKPD Kabupaten Natuna Tahun 2023, disepakati berbagai program dan kegiatan prioritas. Selanjutnya akan dijadikan rujukan dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran Tahun 2023,” terang Siswandi. Sementara Ismir, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dalam laporannya mengatakan, hasil kesepakatan Musrenbang Kabupaten Natuna, melalui pokok-pokok pikiran DPRD Natuna, bersama OPD, telah disepakati 3 skala prioritas pembangunan.

Di antaranya Prioritas Peningkatan Otonomi Daerah, Prioritas Pembangunan Infratuktur dan Prioritas Sumberdaya Manusia. Tidak lupa Bupati Natuna Wan Siswandi memberikan penghargaan kepada 4 Kepala Dinas atas prestasi dan kinerjanya. Ada pun keempat Dinas itu adalah Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan catatan sipil dan DPMPTSP. (*)

 

Telah dibaca 16 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan