Bawaslu Natuna, Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu

NATUNA, HARIANMETROPOLITAN.co.id– Dalam rangka menyambut dimulainya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Natuna, menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu, Rabu 6 Juli 2022, di Kantor Bawaslu Natuna.

Apel Siaga Kesiapan Pengawas Pemilu merupakan upaya Bawaslu Natuna, dalam mengkonsolidasikan seluruh sumber daya untuk melakukan lengawasan di seluruh tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak .

Apel dipimpin langsung Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna Khairurrijal. Ia menyampaikan amanat Ketua Bawaslu Provinsi, Said Abdullah Dahlawi.

“Tahapan Pemilu sudah dimulai sejak tanggal 14 Juni 2022 lalu dan akan berlanjut hingga 22 bulan kedepan. Dalam perjalannya tentu akan mengalami berbagai dinamika. Kita ketahui, Pemilu kali ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya, karena beririsan dengan pemilihan kepala daerah. Dimana pemungutan suara Pemilu dilakukan tanggal 14 Februari, dan Pemilihan Kepala Daerah dilaksanakan ditahun yang sama, tanggal 27 November 2024. Artinya kita akan melaksanakan dua pekerjaan sekaligus dengan rentan waktu berdekatan,” katanya.

Kendati demikian ia sangat optimis, tugas ini dapat diselesaikan dengan baik, jika seluruh komponen di Natuna, seperti Bawaslu, KPU, Pemerintah, TNI-Polri, peserta pemilu, tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas, maupun rekan rekan media dan seluruh pemangku kepentingan dapat bersinergitas untuk mendukung kegiatan ini.

“Apel Siaga Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024, merupakan bentuk komitmen kami untuk mendorong dan menenguhkan sinergitas semua komponen masyarakat, dengan melibatkan semua pemangku kebijakan,” ujarnya.

Kegiatan ini dibuat guna menunjukkan kepada masyarakat upaya kesiapan dari penyelenggara Pemilu, sebagai bentuk koordinasi dan pemersatu tekad, terkait kesiapan penyelenggara.

“Apel siaga ini menjadi tanda bahwa pengawas Pemilu wajib siap untuk mengawasi tahapan Pemilu 2024 . Harapannya penyelenggaraan Pemilu ini bisa berlangsung dengan Luber, Jurdil, Aman dan Demokratis,” harapnya.

Baca Juga :   BPKAD Ingatkan OPD Natuna Efesiensi Anggaran

Sementara itu, Ketua KPU Natuna yang hadir pada saat Apel Kesiapan Pemilu 2024 mengatakan kesiapannya dalam pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

“KPU Natuna telah membuka jam kerja 24 jam. Artinya pegawai KPU Natuna bekerja 3 sif. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat melakukan koordinasi,” ujar Junaedi Abdillah.

Hadir dalam kegiatan itu, Kapolres Natuna, Kajari, KPU, Bakesbangpol, Satpol PP, Persatuan Jurnalis Natuna. (Adv)

Telah dibaca 158 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan