Jaksa Tuntut Sap 20 Tahun Penjara, Kasus Pencabulan Anak Dibawah Umur

ANAMBAS, HARIANMETROPOLITAN.co.id- Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa, Roy Huffington Harahap, melaksanakan sidang pembacaan surat tuntutan pada perkara tindak pidana perbuatan cabul terhadap anak dibawah umur atas nama terdakwa Safri alias Sap dengan jumlah korban sebanyak 8 orang anak laki-laki, Rabu 23 November 2022.

Sidang tersebut dilakukan secara online melalui aplikasi zoom dimana majelis hakim bersidang di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Ranai di Kabupaten Natuna sedangkan penuntut umum bersidang di Ruang Sidang Cabang Kejaksaan Negeri Natuna di Tarempa di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Sidang perkara itu dilaksanakan secara tertutup. Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam dakwaan alternatif pertama Penuntut Umum yaitu melanggar pasal 82 ayat (4) UU Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Penetapan Perppu Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman hukuman pidana penjara selama 20 tahun dan pidana denda sejumlah Rp100.000.000 dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka denda tersebut diganti dengan pidana kurungan selama 6 Bulan.

Kacabjari Tarempa, Roy Harahap, berpesan kepada seluruh orang tua di Anambas agar senantiasa dapat mengawasi anak-anak mereka secara baik agar peristiwa yang dialami oleh para anak korban tidak terulang kembali. (*Thoni)

Telah dibaca 19 kali

Bagikan
Baca Juga :   Disdukcapil Anambas dan Kemenag Lakukan MoU Tentang Layanan Dokumen Kependudukan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan