Mengenang Jasa Pahlawan Tanah Melayu, Bapera Kepri Ziarah ke Makam Daeng Marewa dan Daeng Celak

Kepri, (harianmetropolitan.co.id) – Ketua DPD Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Kepulauan Riau  Kepri Jhon Andariasta Barus, SE. M.Ak dan Ketua DPD Natuna Daeng Ganda Rahmatullah, SH, beserta jajaran Pengurus Bapera Kepri berziarah ke makam leluhur Opu Daeng Marewa Ibni Opu Daeng Relaga dan Opu Daeng Celak Ibni Opu Daeng Relaga. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa mereka yang berperan penting dalam sejarah bangsa dan juga sebagai orangtua dari Raja Haji Fisabilillah yang tak lain adalah seorang Pahlawan Nasional Republik Indonesia dari tanah Melayu.

Didampingi juri kunci makam, Bapera Kepri tiba di kompleks pemakaman yang terletak di Sei Carang Kota Tanjungpinang. Dengan khidmat, mereka menghampiri makam Daeng Marewa dan Daeng Celak yang terletak berdampingan.

Menurut Ketua Bapera Kepri, Jhon Andariasta Barus, SE, M.Ak, kegiatan ziarah ini adalah bagian dari upaya Bapera Kepri untuk melestarikan sejarah dan menginspirasi generasi muda.

“Kami berharap dengan mengenang jasa-jasa leluhur, kita dapat memperkuat rasa nasionalisme dan semangat kebangsaan. Melalui pemahaman sejarah, kita dapat belajar dari perjuangan mereka dan menerapkan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya, Selasa (23/5/2023).

“Ziarah ini diharapkan menjadi momentum yang berarti bagi Bapera Kepri dan generasi muda dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang sejarah bangsa, perjuangan para pahlawan dan menjaga warisan sejarah dan nilai-nilai kepahlawanan, serta menghormati leluhur yang berjasa bagi bangsa,” tutupnya.

Setelah berziarah ke makam leluhur, anggota Bapera Kepri melakukan doa bersama dan menyampaikan harapan agar semangat juang Raja Haji Fisabilillah terus terjaga di hati generasi muda Indonesia. Mereka juga berjanji untuk terus mengenang dan memperjuangkan nilai-nilai kejuangan yang diperjuangkan oleh pahlawan nasional tersebut.

Baca Juga :   Tim Satker PPK OP 2 BWS Survei Titik Abrasi di Lingga

Untuk diketahui, Bapera Kepri merupakan organisasi pemuda yang berkomitmen untuk mempelajari dan meneruskan nilai-nilai sejarah serta semangat kepahlawanan dalam memperjuangkan keadilan dan kemerdekaan bangsa. (*/Dn).

Telah dibaca 523 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan