Komunitas Sepeda Lipat Batam Berbagi ke Pulau Bulang

Batam, (harianmetropolitan.co.id) – Komunitas Batam Folding Bike (BFB), menebar kebaikan dengan berbagi bersama masyarakat yang layak menerimanya. Kali ini, mereka berbagi ke Pulau Bulang, Kecamatan Bulang, Kota Batam. Sebanyak 38 orang tua dan 18 anak yatim piatu menjadi tujuan berbagi kali ini. Mereka juga menyerahkan bantuan untuk Masjid Al Mukhlisin, Bulang Kebam.

“Alhamdulillah, donasi dari teman-teman pesepeda lipat di Batam yang tergabung dalam BFB kita salurkan di Bulang. Semoga bantuan yang diberikan bisa bermanfaat, terlebih menjelang Lebaran tahun ini,” kata Rizal Saputra, Ketua BFB, di Bulang Kebam, Sabtu (30/3/2024).

Sebanyak 25 orang perwakilan BFB bergerak ke Pulau Bulang sekitar pukul 14.15 WIB dari Pelabuhan Sagulung, Batam. Dari Sagulung, dengan dua boat pancung, mereka menuju Pulau Bulang Lintang.

Di Bulang Lintang, mereka berziarah ke makam Temenggung Abdul Jamal, yang namanya kini diabadikan untuk sebuah kawasan stadion di Kota Batam. Doa bersama di makam ini dipimpin langsung tokoh masyarakat Bulang, Khamim.

Selesai ziarah, rombongan kemudian berlayar sebentar menuju Bulang Kebam. Di sini, usai menunaikan ashar berjamaah, bantuan uang kepada kelompok masyarakat diserahkan.

Dari donasi itu, BFB pertama menyerahkan bantuan untuk masjid yang disampaikan Akhyar Arfan, anggota komunitas yang juga mantan Ketua REI Khusus Batam. Kemudian bantuan diserahkan kepada anak yatim dan orang-orang tua.

Dari BFB, tampak hadir mantan Ketua BFB periode sebelumnya Indra Harianto, Ketua Batam Brompton Club Ipit Darmadjie. Juga sejumlah pegiat sepeda lipat seperti Pane Rimba Laut, Harry P Utomo, Ricky, Vicky Wahyudi, Farid Larengi, Oma Moesh, Desi dan lainnya.

Beberapa pesepeda berterima kasih dengan momen berbagi kali ini. Karena ada beberapa di antaranya mereka, walaupun sudah bertahun-tahun di Batam, baru pertama berziarah ke makam Temenggung Abdul Jamal.

Baca Juga :   Pengawasan Ketat, Hasil Maksimal

“Alhamdulillah sudah belasan tahun di Batam, baru kali ini punya kesempatan ke makam Temenggung Abdul Jamal. Selama ini hanya tahu itu nama stadion dan beberapa kali bermain di sana,” kata seorang pesepeda.

Tokoh masyarakat Bulang, Khamim, berterima kasih dengan BFB yang memilih program berbaginya ke Bulang. Terlebih disejalankan dengan agenda ziarah ke makam Temenggung Abdul Jamal. Makam Temenggung, memang menjadi salah satu tujuan wisata religi di Kota Batam.

Donasi BFB Berbagi ini dikumpul dalam waktu dua pekan. Puluhan anggota komunitas kemudian menyerahkan bantuan dalam bentuk uang tunai. BFB Berbagi pun memberi bantuan berupa uang tunai kepada masyarakat penerima.

Rizal Saputra, berterima kasih dengan donasi uang yang dikumpulkan para pesepeda lipat. Karena, dengan donasi itu, BFB dapat menebar kebaikan, yang kali ini diserahkan di Bulang Kebam.

“Terima kasih donasi dari teman-teman pesepeda di Batam. Insya Allah, keikhlasan bantuan ini dibalas dengan limpahan rezeki dari Yang Maha Kuasa,” kata Rizal. (*/ Doni).

Telah dibaca 344 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan