Gerakan Pangan Murah Serentak Nasional di Kabupaten Karimun Sediakan Bahan Pokok Strategis

Karimun, harianmetropolitan.co.id- Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak nasional dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan serta Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah/2024M.

GPM yang berlangsung di GOR Badang Perkasa itu dimulai hari ini, Senin 1 April 2024, pukul 07.30 wib dengan dihadiri Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim didampingi Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Karimun, Sukriyanto, dan Kadis Perdagangan, Koperasi, UMKM dan ESDM Kabupaten Karimun, Basori dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang bersama-sama mengikuti Vikon dengan Kementerian terkait dan Badan Pangan Nasional (BPN) Pusat.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, Sukriyanto mengatakan bahwa GPM yang diadakan tersebut merupakan program pemerintah secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan.

“GPM yang diselenggarakan hari ini merupakan program pemerintah serentak nasional di 514 kabupaten/kota, 38 provinsi Se-Indonesia untuk stabilisasi pasokan dan harga pangan serta HKBN Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024,” ujar Sukriyanto kepada awak media.

Menurutnya prioritas GPM tersebut menyediakan bahan pokok strategis seperti beras, gula, tepung, kacang, minyak goreng, bawang merah, bawang putih cabai, daging dan sembako lainnya.

“Semoga GPM ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Karimun, dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat serta bisa meringankan beban masyarakat dalam mengahadapi HKBN Idul Fitri 1445 H,” tutup Sukriyanto.

Turut mendukung kegiatan GPM itu diantaranya Bulog, PT. Pelabuhan Karimun, PT. Raintree, Bank Riau Kepri Syariah, Bank Buana Arta Mulia, Bank BRI, Perum Mega Sedayu, dan PT. PSP dan juga kelompok-kelompok tani di Kabupaten Karimun.

GPM ini akan terus digelar menjelang dan setelah HBKN Idul Fitri 1445 Hijriah di setiap Kecamatan di Dabupaten Karimun, dari Karimun Besar hingga sampai ke pulau-pulau di Kabupaten Karimun.

Baca Juga :   WoodBall Asosiasi Kabupaten Karimun Mengenalkan Cabang Olahraga Baru dari Taiwan

Acara berlangsung aman, lancar dan kondusif dengan mendapat pengawalan dari beberapa personil Polisi Pamong Praja dan Personil Polsek Tebing.

Dari informasi yang dihimpun awak media ini, adapun harga sembako pada GPM itu adalah Beras SPHP 5kg/53K, Beras Premium 5kg/70k, Daging 1kg/85k, Kacang Tanah 1kg/23k, Kacang Kupas 1kg/32k, Sirup Orange ABC 12,5K, Tepung Tulip 1kg/8,6k, Minyak Kita&Inl 1kg/14k, Gula 1kg/15k, Telur 1 papan/50k, Cabe Padang Merah 1kg/60k, ½kg/30k, ¼kg/15k, 1ons/6k, Bawang Merah 1kg/28k, ½kg/14k, dan Tomat 1kg/16k.

 

(Hariono)

Telah dibaca 107 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan