Pelantikan Panwascam, Ketua Bawaslu Harap Setiap Anggota Mampu Bertanggung Jawab

Natuna, harianmetropolitan.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Natuna melakukan Pelantikan dan Pembekalan Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Natuna, dalam rangka untuk Pemilihan Tahun 2024, Sabtu 25 Mei 2024, bertempat di Adiwana Jelita Sejuba.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Ketua Badan Pengawas Umum (Bawaslu), Komisioner KPU, Forkopimda, Kepala OPD, Camat Bunguran Timur Laut dan sejumlah tokoh agama, serta anggota panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) yang dilantik sebanyak 51 orang dari 17 kecamatan, setiap kecamatan diwakili oleh 3 anggota (panwascam).

(Foto: 51 Anggota Panitia Panwascam)

Dalam kegiatan ini, dilakukan pengambilan sumpah untuk anggota peserta pengawas pemilu kecamatan (panwascam) yang dipimpin oleh Ketua Bawaslu, Siswandi. Dilanjut dengan Penandatangan sumpah integritas dari perwakilan anggota terlantik, Rohaniawan dengan Ketua Bawaslu.

(Foto: Pembacaan Sumpah)
(Foto: Penandatanganan Sumpah Integritas)

Dalam sambutan ketua Bawaslu Kabupaten Natuna, Siswandi menjelaskan bahwa dalam tahapan perekrutan anggota panwascam ini, dilakukan dengan 2 metode. Pendaftaran nya bisa dilakukan secara online dan offline.

(Foto: Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna, Siswandi Saat Sambutan)

Siswandi juga berharap kepada rekan-rekan panwascam, agar bisa menjalankan tugas ini sesuai dengan sumpah yang sudah diucapkan, juga berharap agar anggota panwascam untuk rajin membaca buku panduan pengawas.

“Pulang dari sini bacalah buku panduan pengawas, karena bagi seorang pengawas harus memiliki pikiran terbuka, dan juga harapan saya rekan-rekan bisa berikrar kepada Allah SWT dan bertanggung jawab sesuai dengan sumpah yang telah dibacakan,” ucapnya.

Siswandi juga berpesan kepada anggota panwascam bisa pulang ke Kecamatan masing-masing, agar bisa melakukan perekrutan pengawas Kelurahan.

“Rekan-rekan semua bisa pulang kecamatan masing-masing mulai hari ini, karena dari tanggal 27-29 Mei sudah mulai melakukan wawancara untuk pengawas pemilu kelurahan, carilah anggota yang memiliki integritas dan bisa bertanggung jawab,” ujarnya.

(Foto: Asisten 1 Bagian Pemerintahan, Khaidir Saat Sambutan)

Dalam sambutan asisten 1 Bidang Pemerintahan oleh Khaidir, ia mengucapkan selamat kepada anggota panwaslu Kecamatan atas pelantikan yang telah dilakukan ini. Ia juga berharap semoga setiap anggota Panwascam bisa bertanggung jawab.

Baca Juga :   Rapat Pleno KPUD Natuna, Soal Penetapan Dan Perolehan Kursi DPRD

“Selamat atas pelantikan anggota panwaslu Kecamatan ini, mudah-mudahan tidak ada kendala dalam pengawas dalam pemilu nanti. Moga bisa menjalankan semua ini sesuai dengan yang telah diucapkan sumpah tadi,” ucap Khaidir.

Telah dibaca 343 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan