Ketua TP PKK Berikan Nasihat Bagi Istri Kades Yang Baru Dilantik

Natuna, harianmetropolitan.co.id – Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Natuna, Septi Dwiyani Wan Siswandi memberikan pembinaan kepada para istri Kepala Desa (Kades) terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak masa bakti 2023-2029, di Gedung Sri Srindit, Rabu, 18 Februari 2023.

Septi didampingi Wakil Ketua II TP PKK Natuna, Khadijah Rodhial Huda, dan pengurus TP PKK Natuna.

Septi mengatakan, bahwa Ketua TP PKK Desa merupakan ujung tombak organisasi PKK.

(Para istri Kades yang baru dilantik. foto-ist)

“Saya harap Ketua TP PKK Desa benar-benar memahami arti dan peran organisasi dalam mendukung terwujudnya keluarga mandiri, sehat, sejahtera dalam pembangunan,” ujar Septi.

Septi menuturkan, gerakan PKK bertujuan untuk melakukan pembinaan secara langsung dan menjangkau sasaran sebanyak mungkin, melalui mekanisme gerakannya yang dikelola dan dilaksanakan secara berjenjang.

“Sasaran keluarga baik di perdesaan maupun di perkotaan yang perlu ditingkatkan kemampuan dan kepribadiannya,” tuturnya.

Dari sasaran tadi, kata Septi, ada 10 program PKK yang perlu diimplementasikan diantaranya, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat.

(Foto bersama. foto-ist)

Selain itu, Septi menyebutkan, kelompok kerja (pokja) masing-masing memiliki peran antaralain, pokja satu fokus pada pengelolaan program penghayatan dan pengamalan Pancasila dan gotong royong.

Pokja dua, programnya pendidikan dan keterampilan serta pengembangan kehidupan berkoperasi. Pokja tiga, fokus pada pangan, sandang dan perumahan serta tatalaksana rumah tangga.

Pokja empat, fokus pada program kesehatan, kelestarian lingkungan dan perencanaan.

Septi berharap, beberapa program tersebut dapat menjadi pedoman bagi TP PKK Desa dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya.(**)

Telah dibaca 107 kali

Bagikan
Baca Juga :   Polsek Bunguran Timur, Bantu Warga Kurang Mampu

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan