Pemdes Resun Berikan Bantuan Vitamin dan Alat Cek Kesehatan kepada Posyandu KAPUR

Lingga, harianmetropolitan.co.id – Dalam rangka mendukung kesehatan lansia, Pemerintah Desa Resun, Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga, memberikan bantuan vitamin dan alat cek kesehatan kepada Posyandu “KAPUR” Desa Resun yang akan di teruskan kepada lansia.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Desa Resun, Hairul Mazi kepada Petugas Posyandu Lansia, ibu Lini Hastuti.

Ia menyampaikan, Posyandu lansia memiliki peran penting untuk menjaga kualitas hidup lansia di masyarakat, karena posyandu lansia merupakan unit pelayanan kesehatan terkecil yang paling dekat keseharian warga dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para orang tua yang lebih rentan terhadap penyakit.

“Kami pemerintah Desa Resun selalu mendukung untuk kesehatan Lansia,” ujar Kades Resun, Hairul Mazi kepada harianmetropolitan.co.id, Kamis 16 Maret 2023.

Sementara petugas Posyandu lansia, Lini Hastuti menyampaikan, bahwa kegiatan Posyandu lansia dilaksanakan satu bulan sekali.

“Program- program yang telah dirancang, yang pada umumnya dititik beratkan pada upaya penyuluhan dan pencegahan,” ucapnya.

Kendati demikian, tambah Lini, secara umum ada tiga item pelayanan yang bisa diberikan pada kegiatan posyandu lansia, diantaranya, pertama, Pelayanan kesehatan, seperti, pemeriksaan fisik, berat badan dan tinggi badan.

Kedua, tekanan darah, lingkar perut, pemeriksaan kadar asam urat, gula darah dan kolesterol. Ketiga, penyuluhan kesehatan, seperti penyuluhan gizi, penyakit dan lainnya terkait dengan kesehatan dan yang dibutuhkan oleh lansia.

Lini menjelaskan, lada kegiatan Posyandu lansia hari ini adalah pemeriksaan kesehatan di antaranya cek tensi, pemeriksaan gula darah, kolestrol dan asam urat.

“Kepada lansia kami memberikan obat secara Gratis,” tutur Lini.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Pemerintah Desa Resun, kepada Pak Kades Desa Resun yang peduli dan mendukung Posyandu dan memberikan bantuan Vvtamin dan alat cek kesehatan. Semoga Lansia Desa Resun selalu dalam keadaan sehat,” ucap Lini.

Baca Juga :   Dinkes Anambas, Akan Terima 74 Orang Tenaga Medis, Khusus Putra Daerah

Ia menerangkan, dalam pelaksanaan kegiatan ini pihaknya bekerja sama dengan Bidan Desa dan Kader Posyandu Desa Resun. (Hendra)

Telah dibaca 178 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan