Komisi III DPRD Kepri Kaget Saat Tinjau Embung Sedanau

Natuna- (harianmetropolitan.co.id). Setelah melakukan sidak pengerjaan jalan lintas Batubi Kelarik, kali ini rombongan Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan melakukan peninjauam terhadap Embung Sedanau Kecamatan Bunguran Barat, Sabtu (27/6/2020).

Rombongan yang terdiri dari 8 orang anggota dan 3 staf DPRD Provinsi Kepulauan Riau ini bergerak ke Sedanau menggunakan ferry reguler Binjai Sedanau bersama beberapa warga.

Setelah menempuh perjalanan laut akhirnya rombongan tiba di pelabuhan Sedanau dan melanjutkan perjalanan menuju Embung Sedanau menggunakan kendaraan roda dua.

Komisi III DPRD Kepri foto bersama di lokasi Embung Sedanau.

Begitu sampai di Embung Sedanau, seluruh anggota DPRD Provinsi Kepri yang membawahi infrastruktur ini kaget, ternyata hamparan air yang ditampung di embung tersebut belum dapat dipergunakan sebagai sumber air bersih bagi masyarakat Sedanau.

Salah staf camat menjelaskan, sejak terakhir kali dibangun pada tahap terakhir sekitar tahun 2017, embung ini belum dapat disalurkan ke rumah warga.

“Padahal saluran pipa ke rumah-rumah warga sudah terpasang,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut Anggota Komisi III DPRD Provinsi Kepri, Bakti Lubis menyampaikan bahwa pihaknya sudah melihat potensi sumber air bersih yang ada saat ini sudah bagus namun masih belum bisa di manfaatkan.

“Kita tahu BWS hanya menyiapka air baku saja, tinggal pengolahan daerah saja, nanti kalau perlu penguatan, penambahan, perbaikan sarana dan prasarana kita siapkan anggaran di APBD 2021, karena kita ingin waduk ini bermanfaat,” ujar Politisi Partai Hanura ini.

Harapan besar masyarakat Sedanau terhadap Waduk Sedanau ini sangat besar mengingat di Sedanau apabila musim kemarau datang paling lama tiga bulan saja pasti air bersih sulit.

Sebelum bertolak ke Sedanau rombongan melakukan rapid test di RSUD Natuna, hal ini dilakukan untuk memberi rasa aman kepada masyarakat Natuna yang masih zona hijau.

DPRD Kepri terkejut saat meninjau Embung Sedanau yang belum bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Meskipun sebelum berangkat kami juga melakukan rapid tes, dan dibuktikan dengan surat bebas Covid-19,” ujar Ela salah satu staf Sekretariat DPRD Provinsi Kepri. (Dani).

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan