Komunitas Pecinta Alam, Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

harianmetropolitan.co.id,  Anambas Bersempena dengan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2021, Komunitas Pecinta Alam Anambas bersama Loka KKPN Wilker TWP Anambas melaksanakan giat Edukasi Konservasi dan Aksi Kolaborasi Bersih Pantai dan Laut, Ahad 28 Februari 2020.

Peserta dari Edukasi Konservasi ini adalah siswa-siswi SD Tahfidz Qur’an Insan Utama Kabupaten Kepulauan Anambas. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberi pengetahuan kepada anak – anak akan pentingnya kebersihan lingkungan dan dampak buruk sampah plastik terhadap kesehatan dan ekosistem laut.

Materi tentang sampah plastik ini disampaikan oleh Ketua Komunitas Pecinta Alam Anambas, Mukhtar Hakim, sedangkan untuk materi Konservasi disampaikan oleh Anggi dari Loka KKPN Wilker TWP Anambas. Kegiatan aksi juga berkolaborasi dengan Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Kepulauan Anambas dan Forum Anak Kabupaten Kepulauan Anambas.

Mukhtar Hakim, mengatakan, Forum Anak sebagai 2P, Pelopor dan Pelapor dalam kebersihan lingkungan di sekolah. Untuk mewujudkan lingkungan bersih, sehat dan bebas dari sampah plastik tentu menjadi kewajiban semua orang, hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik.

Serta tidak membuang sampah sembarangan terutama ke laut dan mengelola sampah dengan baik dan benar (3R). Apalagi dimasa pandemi ini harus menjaga kebersihan untuk mencegah virus corona ini.

“Semoga dengan rutin dilakukan kegiatan ini dapat menyadarkan kita terutama generasi muda Kabupaten Anambas sebagai agent of change untuk berperan aktif menjaga kebersihan dan mewujudkan Kabupaten Kepulauan Anambas bebas sampah plastik sesuai dengan misi Pimpinan Daerah,” ucap Hakim. (Kompas)

Telah dibaca 144 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan