Tingkat Kelulusan Pelajar, Sesuai Target Dinas Pendidikan Natuna

(Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Muhammad Faisal. foto/ist)

NATUNA, harianmetropolitan.co.id – Berbicara mengenai pengumuman kelulusan SD dan SMP, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna, Suherman melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Natuna, Muhammad Faisal mengatakan sesuai dengan harapan dan target yang diinginkan.

“Kemarin, sejumlah SD dan SMP sudah menyelesaikan ujian praktik dan Ujian Sekolah (US), setelah itu kelulusan SD ditetapkan pada 15 Juni 2021 sedangkan SMP pada tanggal 4 Juni 2021,” kata Faisal saat dijumpai di ruangan kantornya, Jumat 18 Juni 2021.

Faisal menjelaskan, kelulusan ini akan dituangkan melalui surat keterangan lulus yang ditandatangani oleh kepala sekolah atau pejabat lain yang ditunjuk oleh pejabat berwenang. Sementara untuk ijazah akan ditentukan Juli nanti.

Faisal melanjutkan, menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang peniadaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran Covid 19, Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna telah menyurati PKBM, SD, SMP Negeri dan swasta.

“Dengan adanya Surat Edaran dari Menteri, maka UN dan Ujian Kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang yang lebih tinggi lagi,” kata Faisal.

Ujian Akhir Semester (UAS) untuk kenaikan kelas, Faisal mengatakan dapat dilakukan dalam bentuk portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya). Penugasan, Tes secara luring atau daring dan Bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.

“Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan, setelah menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi covid 19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester, memperoleh nilai perilaku minimal baik dan mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan,” ucapnya.

Baca Juga :   Upaya Pencegahan Covid-19, Apri Perpanjang Kerja WHF ASN
(Kasi Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Natuna, Muhtar )

Sementara itu, Kasi Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Natuna, Muhtar menjelaskan, pengumuman kelulusan dilakukan melalui WhatsApp (WA) oleh tingkat satuan pendidikan masing – masing.

“Kelulusan peserta didik sekarang ditentukan oleh satuan pendidikan masing – masing, alhamdullilah lulus semua dan pengumuman kelulusan dikirim melalui WhatsApp,” pungkasnya. (*Jagokma)

Telah dibaca 150 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan