Program Pinjaman Bantuan UMKM Kepri Tanpa Bunga, Diminati Pemkab Meranti

TANJUNGPINANG, (harianmetropolitan.co.id) – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan kunjungan kerja ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Riau untuk belajar terkait regulasi  bantuan subsidi bunga 0% bagi UMKM yang sudah dilaksanakan oleh Pemprov Kepri.

Rombongan dari Pemkab Meranti ini dipimpin oleh Assisten I Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti Irmansyah, Jumat (11/3/2022) dan disambut oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kepri Agusnawarman, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kepri Riki Rionaldi dan perwakilan dari Biro Ekonomi Pembangunan, bertempat di ruang rapat kantor Dinas.

Dari Pemkab Meranti yang Ikut bersama rombongan diantaranya  Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri Kepulauan Meranti dan beberapa orang staf.

Kunjungan Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kepulauan Riau yang didampingi oleh Sekertaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Riau serta Perwakilan Pimpinan Cabang Bank Riau Kepri TPi.

Dalam kesempatan ini Pihak Pemkab Meranti ingin menggali informasi  terkait regulasi teknis  pemberian bantuan bunga 0% untuk para pelaku UMKM di Kepri.

Pemerintah Provinsi Kepri dinilai telah berhasil memberdayakan UMKM dengan skema pemberian pinjaman tanpa bunga (0%) atau Pemerintah Provinsi Kepri menanggung beban bunga pinjaman yang dibebankan kepada pelaku UMKM. Dalam hal ini Pemprov Kepri bekerjasama dengan Bank Riau Kepri.

“Program ini didasari oleh keinginan Bapak Gubernur setelah mendengar keluhan masyarakat yang terkena dampak dari Covid-19 terutama pada Usaha Kecil dan Menengah,” kata Kadis Koperasi UKM Prov. Kepri.

Setelah acara pertukaran informasi dan tanya jawab antar Pejabat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dengan Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Kepulauan Riau selesai dilanjutkan dengan acara foto bersama.

Baca Juga :   Kasus Pembakaran Kapal Cumi di Tambelan Mulai Disidangkan

Agus menambahkan bahwa Pemprov Kepri juga telah menyediakan dana subsidi bunga sebesar Rp2 miliar untuk tahun 2022 ini. Jika rata-rata pelaku UMKM mengajukan pinjaman ke Bank Riau sebesar maksimal Rp20 juta, maka sebanyak 1000 pelaku UMKM yang ada di seluruh Kepri akan bisa memanfaatkan fasilitas pinjaman bungan 0% ini di Bank Riau Kepri.

“Ini merupakan program kerja Gubernur dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi di Kepri,” ujar Agus. (***/ Doni).

Telah dibaca 456 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan