150 Orang Ikuti Pelatihan Operator Dapodik

Tanjungpinang, (harianmetropolitan.co.id) – Sebanyak 150 orang peserta dari jenjang TK, SD, SMP, SKB, dan Dinas Pendidikan (disdik) ikuti pelatihan operator data pokok pendidikan (Dapodik), di hotel Bintan Plaza Tanjungpinang, Kepri, Senin (7/11/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Endang Susilawati mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada operator terkait sistem dapodik, terutama dalam mengoperasikan aplikasi dapodik pada satuan pendidikan di kota Tanjungpinang.

Dapodik ini merupakan sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

“Dapodik adalah urat nadi sekolah, dimana di dalamnya semua pendataan peserta didik dan data lainnya, yang berhubungan dengan kebijakan sektor pendidikan seperti bantuan dana BOS, tunjangan guru, bantuan sarana dan prasarana, serta lainnya diambil dari dapodik,” jelasnya.

Oleh karena itu, pelatihan operator ini menjadi penting sebagai upaya meningkatkan kualitas pengelola data dapotik pada masing-masing sekolah.

“Ini komitmen kami untuk mewujudkan merdeka belajar, tidak hanya bagi anak didik dan guru, tetapi juga bagi tenaga operator sekolah,” tambah Endang.

Pelatihan yang berlangsung selama empat hari, mulai 7 hingga 10 November ini menghadirkan empat narasumber yang berasal dari BPMP Provinsi Kepri, Inspektorat, Bappelitbang, dan Dinas PUPR Kota Tanjungpinang. (***).

Telah dibaca 72 kali

Bagikan
Baca Juga :   Kepala BNNP Jambi Berikan Pengarahan Terhadap Pelaku Usaha Tempat Hiburan Dan Hotel

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan