Bupati Lingga Terima Penghargaan Implementasi AKIP Pemda 2023

Lingga, harianmetropolitan.co.id – Bupati Lingga M. Nizar, S.Sos menerima penghargaan untuk hasil evalusi Implementasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga Tahun 2023, Rabu 6 Desember 2023 bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center.

Evalusi Implementasi AKIP yang diselenggarakan tiap tahun, pada tahun 2023 dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dimulai September sampai dengan November Tahun 2023.

Tujuan evaluasi ini adalah mengetahui tingkat Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dalam mendorong peningkatan pencapaian kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil (result oriented government).

Hasil evaluasi atas akuntabilitas kinerja Pemerintah (AKIP) Kabupaten Lingga Tahun 2023 menunjukkan peningkatan nilai dibandingkan tahun 2022. Adapun hasil nilai untuk tiap komponen adalah: perencanaan kinerja memperoleh nilai 20,30; pengukuran kinerja memperoleh nilai 15,99; pelaporan kinerja memperoleh nilai 10,08; dan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Internal memperoleh nilai 14,32.

Sehingga total nilai hasil evaluasi untuk AKIP Kabupaten Lingga tahun 2023 adalah 60,69. Dengan demikian tingkat akuntabilitas kinerja Pemerintah Kabupaten Lingga Tahun 2023 berpredikat “B”.

Capaian ini merupakan prestasi yang membanggakan untuk Kabupaten Lingga karena menunjukkan peningkatan, setelah sebelumnya selama 5 tahun (2018-2022) hasil evaluasi AKIP Kabupaten Lingga hanya berada di predikat “CC”.

Untuk prestasi ini Bupati Lingga secara langsung menerima penghargaan yang diserahkan oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada kegiatan “Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP, RB, dan ZI Tahun 2023” yang merupakan bagian dari rangkaian RBxperience Tahun 2023 yang turut dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin.

Dalam menerima penghargaan evaluasi AKIP Tahun 2023, Bupati Lingga didampingi perwakilan Tim Implementasi SAKIP Kabupaten Lingga yaitu Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Barenlitbang) Kabupaten Lingga.

Baca Juga :   Final Turnamen Desa Sungai Besar CUP II, Tanjung Kelit Tumbangkan Tanjung Awak

Pada kesempatan ini Bupati Lingga didampingi Kepala Barenlitbang Kabupaten Lingga beserta tim Barenlitbang, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga.(Hendra)

Telah dibaca 82 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan