Peringatan HPN 9 Februari 2024, Bupati Karimun, Kejari, dan Kapolres Karimun Ucap Selamat Kepada Insan Pers Karimun

Karimun, harianmetropolitan.co.id – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2024 tahun ini mengangkat tema, “Pers mengawal transisi kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa”, seperti biasa setiap tahunnya dirayakan oleh insan pers di seluruh tanah air Indonesia

Lalu pada peringatan HPN tahun 2024 ini, sebagai mitra pers di kabupaten Karimun Bupati Karimun, Kejaksaan Negeri Karimun (Kejari), dan Kepolisian Resor (Polres) Karimun memberi ucapan selamat kepada seluruh insan pers di kabupaten Karimun khususnya.

“Saya beserta seluruh jajaran Pemkab Karimun mengucapkan, selamat Hari Pers Nasional 2024, Jayalah Pers Indonesia, semoga Pers selalu hadir memberi informasi dan edukasi serta bersama-sama mengawal transisi kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa serta mengawal demokrasi pada 14 Februari 2024 ini,” ucap selamat dari Bupati Karimun, Aunur Rafiq pada Kamis (8/2/2024)

Selanjutnya ucapan yang sama juga disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Karimun, Priyambudi melalui Kasi Intel, Rezi Dharmawan.

(Foto: Kepala Kejaksaan Negeri Karimun Ucap Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2024)

“Penegakan hukum dan pers seperti dua sisi yang tidak bisa dipisahkan. Sebagai penegak hukum, kerap sekali laporan dan pengaduan justru didapatkan dari masyarakat melalui media atau pemberitaan. Media juga yang mengawasi setiap sudut dan sisi penegakan hukum agar dapat berjalan on the track (taat asas),” ucapnya.

Kinerja tanpa publikasi tiada artinya sebab masyarakat perlu mengetahui apa yang sudah kami kerjakan.

Untuk meningkatkan publikasi kinerja di setiap daerah, Jaksa Agung menerbitkan Instruksi Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 tentang Publikasi Kinerja dan Pemberitaan Positif Mengenai Kejaksaan di Media Massa dan Media Sosial sebagai upaya Kejaksaan untuk membangun citra positif di masyarakat, sebab hal itu bukan saja menjadi tugas tetapi merupakan tanggung jawab setiap insan Adhyaksa. Dunia di era transformasi digital teknologi saat ini, sudah bagaikan aquarium yang tak dapat ditutupi lagi, tidak ada sekat, dan tanpa batas.

Baca Juga :   Kesiapan Pemilu 2024, Kapolres Karimun Pimpin Apel Sat Linmas

Bahkan rekam jejak kita tidak bisa ditutupi di era media yang sangat cepat dan serba modern ini.

Bumbu-bumbu inilah yang oleh media menjadi menarik diulas dan dikupas tuntas untuk konsumsi masyarakat sehingga simbiosis mutualisme antara media dan institusi Kejaksaan dapat terjaga dengan baik dalam memberi manfaat pemberitaan.

Di samping penindakan, membangun citra humanis penegakan hukum juga hal yang menjadi prioritas. Jaksa Agung selalu menekankan penegakan hukum tidak selalu di sidang, tetapi bagaimana Jaksa dikenal dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain program penghentian penuntutan melalui keadilan restoratif yang sudah mendunia, juga ada program Jaksa Masuk Desa, Jaksa Masuk Sekolah, dan Jaksa Teman Masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian lebih luas, sehingga Jaksa Humanis dapat menciptakan kedamaian di masyarakat sebagai tujuan hukum yang hakiki.Peran pers nasional tidak hanya bicara tentang kebebasan, akan tetapi juga mengendalikan, mengawasi, serta membina seluruh media yang kebablasan akibat era digitalisasi saat ini.

Sebab apabila tidak dikendalikan dan diawasi, kita semua akan direpotkan dengan berbagai peretasan pemberitaan, peretasan data pribadi termasuk media siluman alias abal-abal yang justru masif memberi opini negatif di masyarakat, ketergantungan institusi khususnya penegak hukum seperti Kejaksaan dengan media tidak bisa dihindari, Oleh karenanya kita harus bersinergi dengan media terverifikasi dan terkonfirmasi sebagai insan pers sehingga pemberitaan yang disebarluaskan bersifat positif, objektif, transparan, akuntabel, dan berkualitas sebab berita dengan sifat tersebut menjadi kebutuhan masyarakat.

Pada tahun 2024 akan terjadi pesta demokrasi untuk bangsa indonesia Untuk memilih Presiden, Legislatif dan Pemilihan kepala Daerah kami berharap Insan Pers dimana berada mendukung pesta demokrasi untuk dapat berjalan Aman. Jujur dan Adil dengan tetap mengawal pesta demokrasi tersebut dengan pemberitaan yang positif dan mendidik masyarakat.

Baca Juga :   Universitas Karimun Gelar Seminar Pendidikan Inklusif Ramah Disabilitas

Jaksa Agung juga menginstruksikan seluruh jajaran Kejaksaan untuk beradaptasi dengan dunia media digital yang begitu cepat berkembang, sehingga kata kuncinya adalah kolaborasi dan sinergi antara pers dan penegak hukum dalam rangka menciptakan iklim demokratisasi dan modernisasi, serta menjamin kebutuhan masyarakat akan berita yang positif dan akuntabel.

Selain itu, kita juga harus mampu beradaptasi dan mengimbangi teknologi yang berkembang di masyarakat. Kita bisa bekerja lebih mudah, cepat, tepat, dimana saja dan dari mana saja (Work From Anywhere), serta berkolaborasi dengan pers dalam hal ini insan media (jurnalis).

Keberhasilan suatu institusi tidak lepas dari peran media dalam menyebarluaskan pemberitaan pada masyarakat dengan dilandasi objektivitas dan transparan, serta memberikan akses seluas-luasnya kepada media dan masyarakat terhadap kinerja Kejaksaan secara digitalisasi.

“Kami keluarga besar kejaksaan Negeri Karimun Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2024 “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa, dan berharap insan pers menjadi bagian terpenting dalam pembangunan demokratisasi bangsa yang bermartabat dan berkualitas,” tutup Rezi Dharmawan

(Foto: Kapolres Karimun dan Jajaran Ucap Selamat Hari Pers Nasional Tahun 2024)

Sementara Kepala Kepolisian Resor Karimun, AKBP Fadli Agus menyampaikan ucapan selamat dan berharap kerjasama yang telah terjalin dengan baik dapat terus berkesinambungan, insan pers adalah salah satu mitra Polri dalam pelaksanaan tugas Kepolisian. Kerjasama dan sinergitas yang terbangun selama ini, khususnya yang ada di wilayah Polres Karimun sudah terlaksana cukup baik, dan semoga dapat terus ditingkatkan.

“Kami segenap keluarga besar Polres Karimun mengucapkan selamat dan sukses bagi rekan-rekan wartawan/media dalam memperingati Hari Pers Nasional tahun 2024. Mari bersama aktif berperan dalam upaya meningkatkan pembangunan dan menjaga keutuhan bangsa melalui kerjasama dan sinergitas yg optimal dalam pemeliharaan kamtibmas, khususnya di wilayah Kabupaten Karimun,” pungkas Kapolres Karimun, AKBP Fadli Agus, Jumat (9/2/2024) siang

Baca Juga :   Bupati Karimun Buka Sosialisasi Anti Korupsi

(Hariono)

Telah dibaca 134 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan