Gubernur Jambi Ikuti Rakor Kesiapan Vaksinasi Covid-19 Secara Virtual

Gubernur Jambi, Fachrori Umar.

harianmetropolitan.co.id, Jambi – Gubernur Jambi Fachrori Umar mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Vaksinasi Covid-19 dan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021, di Kantor Gubernur Jambi.

Kegiatan tersebut  di pimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian secara virtual, pada Selasa, 5 Januari 2021.

Mendagri Muhammad Tito Karnavian.

Dalam keterangan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, mengatakan, terkait vaksinasi Covid-19 akan dimulai pada 13 Januari 2021 dan orang pertama yang akan disuntik adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi), para Menteri dan Kepala Daerah.

Pada hari yang sama vaksinasi juga dilaksanakan di 34 provinsi prioritas tenaga kesehatan dan pelayanan publik termasuk diharapkan kepala daerah dapat mengatur jadwal vaksinasi untuk tenaga kesehatan.

“Satu Puskesmas misalnya ada empat perawat antisipasi jika ada efek pegal, demam untuk itu vaksin dilakukan untuk dua orang terlebih dahulu setelah satu atau dua minggu dilanjutkan vaksin untuk dua perawat berikutnya,” ujar Menkes.

Rakor Kesiapan Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan secara virtual.

Menkes Budi Gunadi Sadikin menjelaskan periode vaksinasi Jan-April 2021 untuk tenaga kesehatan 1,6 juta orang, petugas publik 17,4 orang, selanjutnya periode vaksinasi April 2021-Maret 2022 masyarakat rentan 63,9 juta orang dan masyarajat lainnya 77,1 juta orang dan vaksin diprioritaskan untuk rentang umur 18-59 tahun.

“Tersedia 125 juta vaksin sinovac dari China dan berharap COVAX/GAVI dari WHO secara gratis diberikan termasuk untuk Indonesia dan masih ada yang diupayakan dari Novavax, AstraZeneca, Pfizer untuk pencapaian vaksinasi,” kata Menkes.

Rapat tersebut juga diikuti Plt. Kadis Kesehatan Provinsi Jambi dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Provinsi Jambi.(Novalino)

Telah dibaca 86 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan