Gelar Rakor, DPMD Ingin Tingkatkan Kapasitas Kepala Desa

NATUNA, HARIANMETROPOLITAN.co.id- Untuk meningkatkan kapasitas kepala desa dalam membangun desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Natuna, menggelar rapat koordinasi (rakor) pembinaan pemerintahan desa se-Kabupaten Natuna, di Rumah Makan Sisi Basisir, Kecamatan Bunguran Timur, Senin, 14 November 2022. Rakor ini juga dihadiri para camat se-Kabupaten Natuna.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Anrizal Zen, saat dikonfirmasi usai kegiatan, menerangkan, pemerintahan desa merupakan ujung tombak pemerintah, maka diperlukan peningkatan kapasitas kepala desa dalam mengelola keuangan dan administrasi.

“Oleh karenanya, kita mendatangkan sejumlah narasumber dari kejaksaan, kepolisian, Inspektorat, ASN Dinas PMD, dan Tenaga Ahli Desa,” terangnya.

Anrizal berharap, kegiatan pembinaan ini dapat memberikan motivasi dalam pengelolaan dana desa.

Sementara itu, Bupati Natuna, Wan Siswandi, yang turut hadir membuka kegiatan tersebut menyampaikan hal berbeda.

Ia lebih menjelaskan terkait kondisi keuangan pemerintah saat ini. Ia mengatakan, bahwa tahun ini Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Natuna mengalami penurunan.

Untuk itu, Siswandi, meminta kepada Kades memahami jika sering terjadi keterlambatan pembayaran Anggaran Dana Desa (ADD).

Selain itu, Siswandi juga memberikan kabar bahagia kepada seluruh Kades se-Kabupaten Natuna bahwa, dana ADD akan diproses pencairannya oleh Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Natuna. (*Rian)

Telah dibaca 23 kali

Bagikan
Baca Juga :   Kades Cemaga Utara Serahkan BST dari Kemenso

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan