Dispar Lingga Rencanakan Kerjasama dengan Johor Bahru

Lingga, harianmetropolitan.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga melalui Dinas Pariwisata (Dispar) merencanakan kerjasama dengan Pemerintah Johor Bahru di bidang pariwisata, budaya, pendidikan, ekonomi dan perhubungan.

“Tadi kami telah membahas dengan perwakilan Johor, hadir pejabat daerah negeri Johor dan konsulat RI untuk Johor Bahru melalui Video zoom meeting,” kata¬†Kepala Dinas Pariwisata, Zalmidri, Selasa 21 Maret 2023.

“Dalam pembicaraan tadi mereka membuka diri untuk melajukan kerjasama ini karena Lingga dan johor tak bisa di pisahkan, karena satu rumpun melayu yang memiliki kesamaan sejarah dan budaya di masa lalu. sehingga kedepannya dapat menguntungkan kedua belah pihak,” ungkap Zalmidri.

Ia juga mengungkapkan, adapun tujuan dari kerjasama tersebut guna untuk mempererat kesamaan sejarah masa lalu, karena memang dari dulu hubungan Pemerintah Lingga dengan Pemerintah Johor Bahru sangat bagus, baik itu segala aspek.

“Maka dari itu kita akan memperkuat kembali baik itu berbagai subtansi yang berkaitan kerjasama nanti,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan untuk persiapan kerjasama dengan pemerintahan negri Johor dan tidak terlepas juga ini merupakan hasil diskusi dengan Bupati Lingga, M Nizar.

“Jadi disini kita mencoba merencanakan kerjasama baik itu aspek Wisata budaya, dan didukung bidang perekonomian dan Pendidikan,” tuturnya.

Untuk pendidikan, karena guru-guru yang disana, Meraka ini adalah orang-orang yang pegiat sejarah sudah begitu ramai datang di Lingga, makanya pihaknya melibatkan dinas Pendidikan dari dunia pendidikan.

Kemudian berkaitan juga dengan perhubungan agar saling mendukung untuk itu, Jadi tadi dari Johor sudah hadir atau pegawai negri Johor atau setingkat wakil bupati kalau di johor yang berbicara secara langsung pada video zoom meeting tadi, dan dihadir tadi dari kgri susunan jendral RI dan siap untuk membantu menjembatani pertemuan kepala daerah (Bupati) dengan pemerintah Negri johor, kemudian pejabat daerah negri Johor juga hadir tadi.

Baca Juga :   Silaturahmi dengan Perpat, Wagub Kepri Ajak Berperan Aktif untuk Pembangunan

“Insyaallah agenda pertemuan untuk tandatangan kerjasama dengan Pemerintah negri Johor akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun ini, karena kita sudah Konsul sama RI Johor, dan langsung disejalankan dengan eben promosi pariwisata di Johor,” ucap dia.

Keuntungan dari kerjasama dengan pemerintahan Johor itu akan ada dampak positifnya, bila kita berbicara budaya tentang sejarah kesultanan lingga, jadi pemerintah Johor baik itu kalangan atas hingga bawah tau bhwasanya lingga ini banyak memiliki situs-situs sejarah yang sama atau satu rumpun.

“Kalau kita tidak upayakan kenal kan itu, itu hanya kita aja yang tau tentang sejarah kesultanan lingga yang serumpun dengan Johor. Kalau berkaitan dengan wisata, itu nanti ada subtansinya pemasaran-pemasaran wisata, dan mereka akan memberi peluang untuk kita Lingga mempromosikan wisata-wisata kita pada ajang eben promosi pariwisata di Johor,” tutur dia.

“Itulah manfaat dan keuntungan yang positif kita dapatkan dari kerjasamanya kita dengan Pemerintah Negri Johor,” tutupnya. (Hendra)

Telah dibaca 143 kali

Bagikan

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan