Latihan Survival Dasar “Punai Sakti-24” Dilakukan Di Gunung Hiu Natuna

harianmetropolitan.co.id, Natuna – Lanud Raden Sadjad (RSA) Natuna bersinergi dengan BPBD, Satpol PP, Damkar, dan Basarnas dalam Latihan Survival Dasar tahun 2024 yang diberi nama “Punai Sakti-24” di Gunung Hiu Kabupaten Natuna, Jumat (2/2/2024).

Latihan yang berlangsung hingga Sabtu (3/2/2024) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para peserta dalam bertahan hidup di alam liar.

Sebanyak 127 personel dari berbagai instansi terlibat dalam latihan ini, termasuk prajurit Lanud RSA, Skadron Udara 52, Satrad 212, Denhanud 477 Kopasgat, BPBD Natuna, Satpol PP, Damkar, dan Basarnas Natuna. Gunung Hiu dan Pantai Tanjung Natuna menjadi pusat kegiatan latihan ini.

Para peserta dilatih dengan berbagai materi, seperti pengetahuan tentang alam liar, navigasi darat, dan keterampilan survival seperti mencari sumber air dan makanan, membangun tempat berlindung, dan membuat api. Pelatihan juga mencakup teknik pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

Selain itu, kerjasama tim menjadi fokus dengan pembagian peserta ke dalam kelompok untuk menyelesaikan berbagai tugas.

Kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan bersama dalam menghadapi situasi darurat.

Komandan Lanud RSA Natuna, Kolonel Pnb Dedy Iskandar, berharap latihan ini memberikan manfaat maksimal dan meningkatkan efektivitas kerja sama antar instansi di Natuna.

“Sinergi antar instansi diharapkan dapat menjadi kunci dalam menghadapi berbagai situasi darurat di wilayah Natuna,” tuturnya.

Telah dibaca 28 kali

Bagikan
Baca Juga :   Berkat CSR BRK Syariah Natuna, Jalan Umum di Ranai Terang Benderang

Recommended For You

About the Author: Redaksi Harian Metropolitan